LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Rendra Ananta Prima Hardiyanta, Rendra Ananta Prima Hardiyanta (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14504241052_RENDRA ANANTA PRIMA HARDIYANTA_LAPORAN PLT 2017.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi negeri yang mempunyai tugas untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat serta membina tenaga kependidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa program studi pendidikan pada salah satu mata kuliah yaitu Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta secara terpadu dilaksanakan mulai dari tanggal 2 Oktober sampai dengan 16 Desember 2017 bertujuan untuk mendapatkan pengalaman pengajaran di kondisi lapangan yang sesungguhnya. Sehingga mahasiswa memiliki pengalaman nyata tentang proses mengajar dan diharapkan agar PLT ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional pada saat memasuki dunia kerja. Lokasi praktikan melaksanakan PLT adalah di SMKN 1 Cangkringan yang beramatkan di Sintokan, Wukirsari, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Kegiatan/program yang dilaksanakan di lokasi PLT dibagi dua yaitu kegiatan individu berupa mengajar dibimbing oleh Guru Pembimbing Lapangan (GPL) serta program kerja kelompok. Program individu yang telah dilaksanakan antara lain: (1) Pembuatan Administrasi Persiapan Pembelajaran, (2) Kegiatan Pembelajaran, dan (3) Evalasi Pembelajaran. Program kerja kelompok yang telah dilaksanakan antara lain: (1) Observasi, (2) Administrasi pembelajaran, (3) Pendampingan siswa LKS, (4) Perbaikan training object, (5) Penataan bengkel, (6) Pembuatan papan administrasi jurusan, (7) Kegiatan sekolah. Hambatan dari pelaksanaan program kerja kelompok diantaranya: (1) persiapan yang kurang matang, (2) kurangnya komunikasi antar anggota, dan (3) keterbatasan sumber daya manusia. Solusi untuk menyelesaikan diantaranya (1) mematangkan persiapan, (2) menambah jam kerja untuk program kerja, (3) konsolidasi internal maupun eksternal kelompok, dan (4) memberdayakan siswa di sekolah sekaligus mengasah keterampilan siswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT , UNY, SMK
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Feb 2018 03:49
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55425

Actions (login required)

View Item View Item