PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA PERMAINAN KARTU HURUFPADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA MILIRAN KELURAHAN MUJA-MUJU KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA

Indri, Maylani (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA PERMAINAN KARTU HURUFPADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA MILIRAN KELURAHAN MUJA-MUJU KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI INDRI MAYLANI_12111241010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media permainan kartu huruf kelompok B TK ABA Miliran Muja-muju Umbulharjo Yogyakarta. Aspek kemampuan membaca permulaan yang diteliti meliputi : 1) menyebutkan/menunjukkan simbol-simbol huruf yang dikenal, 2) mengenal bunyi huruf awal dari nama-nama benda yang disekitarnya, 3) memahami hubungan antara bunyi dan bentuk, 4) menyebutkan/menunjukkan kelompok gambar yang memiliki bunyi awal yang sama. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian ini dilakukan dua Siklus. Siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK ABA Miliran Yogyakarta yang berjumlah 19 anak. Objek penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan untuk kelompok B di TK ABA Miliran Yogyakarta menggunakan media kartu huruf. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkanadanya peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media permainan kartu huruf di TK ABA Miliran Umbulharjo Yogyakarta. Hal ini dibuktikan adanya Peningkatan Kriteria Belum Berkembang Pratindakan 14 (74%), Siklus I 10 (53%) dan Siklus II (0%). Kriteria Mulai Berkembang Pratindakan 5 (26%), Siklus I 7 (37%) dan Siklus II 0 (0%). Kriteria Berkembang Sesuai Harapan Pratindakan 0 (0%), Siklus I 4 (21%), dan Siklus II 9 (47%). Dan Kriteria Berkembang Sangat Baik Pratindakan 0 (0%), Siklus I 0 (0%) dan Siklus II 10 (53%). Dari hasil yang diperoleh dalam penelitian membuktikan bahwa melalui bermain kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B. Kata kunci: membaca permulaan, media, permainan, kartu huruf

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Feb 2018 04:41
Last Modified: 30 Jan 2019 15:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55417

Actions (login required)

View Item View Item