HUBUNGAN INTENSITAS INTERAKSI IBU DAN ANAK DENGAN KEMAMPUAN PENGENDALIAN DIRI ANAK KELOMPOK A TK GUGUS II DESA SINDUADI, MLATI, SLEMAN

Agista, Nurul Azmi (2018) HUBUNGAN INTENSITAS INTERAKSI IBU DAN ANAK DENGAN KEMAMPUAN PENGENDALIAN DIRI ANAK KELOMPOK A TK GUGUS II DESA SINDUADI, MLATI, SLEMAN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Agista Nurul Azmi_13111241015_PGPAUD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas interaksi ibu dan anak dengan kemampuan pengendalian diri anak Kelompok A TK Gugus II Desa Sinduadi, Mlati, Sleman. Alasan melakukan penelitian ini karena berdasarkan observasi awal pengendalian diri anak di TK Gugus II Desa Sinduadi beragam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian yang dilakukan melibatkan subjek sebanyak 200 responden yang terdiri dari 100 anak Kelompok A dan 100 ibu dari anak-anak tersebut dari TK ABA Kutu Asem, TK PKK Gedongan, TK Pertiwi III, TK Putra Jaya, TK Islam Amal Kasih, dan TK ABA Sinduadi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan teknik observasi. Hasil data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan model korelasi product moment dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil: (1) Tingkat intensitas interaksi ibu dan anak Kelompok A TK Gugus II Desa Sinduadi, Mlati, Sleman tergolong sedang. (2) Tingkat Pengendalian diri anak Kelompok A TK Gugus II Desa Sinduadi, Mlati, Sleman tergolong sedang. (3) Terdapat hubungan positif signifikan yang cukup kuat (r=+0,564) antara intensitas interaksi ibu dan anak dengan kemampuan pengendalian diri anak. Kata kunci: Interaksi ibu dan anak, Pengendalian diri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Feb 2018 03:03
Last Modified: 30 Jan 2019 15:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55415

Actions (login required)

View Item View Item