PELAKSANAAN PENDIDIKAN RELIGIUS ASPEK KEIMANAN DI SDIT LHI BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA

Lestari, Dewi Budi (2018) PELAKSANAAN PENDIDIKAN RELIGIUS ASPEK KEIMANAN DI SDIT LHI BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Dewi Budi Lestari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter religius aspek keimanan di SDIT LHI Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah guru, siswa, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDIT LHI melaksanaan pendidikan karakter religius aspek keimanan melalui pengintegrasian program pengembangan diri, mata pelajaran, dan budaya sekolah. Pada pengintegrasian program pengembangan diri terdapat kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengondisian di sekolah. Pada pengintegrasian mata pelajaran, mata pelajaran dikaitkan dengan Al-Qur’an dan hadits. Pada pengintegrasian budaya sekolah terdapat budaya kelas, budaya sekolah, dan budaya luar sekolah. Dukungan sekolah terhadap pelaksanaan pendidikan karakter religius aspek keimanaan yaitu, tahfidz, forum, dan kajian guru. Hambatan pelaksanaan pendidikan karakter religius aspek keimanan adalah perbedaan pola pendidikan antara sekolah dan rumah. Kata kunci: pendidikan karakter religius, aspek keimanan, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Agama
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Feb 2018 03:26
Last Modified: 30 Jan 2019 15:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55414

Actions (login required)

View Item View Item