PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK KULIAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISW A UNTUK BELAJAR MANDIRI

Kastam, Syamsi and Sudiati, . (1996) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK KULIAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISW A UNTUK BELAJAR MANDIRI. [Experiment/Research]

[img] Text
PENINGKA_TAN_KETERAMPILAN_MENYIMAK_KULIAH_SEBAGAI.doc

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kebiasaan menyimak kuliah mahasiswa dan meningkatkan keterampilan menyimak kuliah mahasiswa. Penelitian dilaksanakan pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang mengikuti kuliah Menyimak pada semester gasal dan genap tahun akademik 1998/1999. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus besar. Setiap siklus terdiri dari empat langkah, yakni perencanaan, implementasi tindakan, pemantauan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Instrumen pemantauan berupa catatan lapangan dan angket reflektit: sedangkan instrumen evaluasi berupa angket kebias8an menyimak kuliah dan tes keterampilan menyimak kuliah. Hasil penelitian tindakan ini adalah (1) penerapan strategi menyimak kuliah model Pemetaan yang kemudian dikembangkan dan disempumakan dengan penerapan model Cornel University telah dapat mengembangkan kebiasaan menyimak kuliah mahasiswa, (2) jika dibandingkan penerapan strategi menyimak kuliall antara model Cornell University dengan model Pemetaan, model Cornell University, yang menurut tim peneliti bisa disebut sebagai pengembangan atau penyempurnaan dari model Pemetaan, lebih dapat mengembangkan kebiasaan menyimak kuliah mahasiswa, (3) penerapan strategi menyimak kuliah model Pemetaan yang kemudian dikembangkan dan disempurnakan dengan penerapan model Cornel University hanya sedikit dapat meningkatkan keterampilan menyimak kuliah mahasiswa, dan (4) sedikitnya peningkatan keterampilan menyimak kuliah mahasiswa dimungkinkan disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya (a) tidak adanya kontrol yang ketat ketika mahasiswa menerapkan strategi yang diminta di rumah, (b) banyaknya faktor yang mempengaruhi keterampilan menyimak kuliah dan penggunaan strategi itu hanyalah salah satu di antaranya, (c) penggunaan instrumen tes menyimak kuliah yang belum sempurna, dan (d) keadaan subjek penelitian itu biasanya memiliki sikap dan motivasi yang rendah, serta (5) dalam kaitannya dengan prestasi belajar mahasiswa, penerapan strategi menyimak kuliah model Cornell University telah dapat meningkatkan indeks prestasi belajar mahasiswa.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: LPPM
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Date Deposited: 12 Sep 2012 12:47
Last Modified: 02 Oct 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5541

Actions (login required)

View Item View Item