IDENTIFIKASI KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TK B DI KECAMATAN KRETEK BANTUL YOGYAKARTA

Wening, Sekar Satiti (2018) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TK B DI KECAMATAN KRETEK BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Tugas Akhir Skripsi_Wening Sekar Satiti_10111241025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi kemampuan membaca permulaan anak TK B di Kecamatan Kretek dengan melihat pencapaian komponen kemampuan membaca. Dua pertanyaan penelitian diajukan berhubungan dengan tujuan penelitian tersebut. Jenis penelitian berupa survei. Subjek penelitian adalah 187 anak TK B di Kecamatan Kretek. Objek penelitian berupa kemampuan membaca permulaan. Penelitian dilakukan di TK-TK yang berada di Kecamatan Kretek yang memiliki kelas kelompok B. Pengumpulan data dengan survei pengamatan langsung menggunakan lembar checklist. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: keempat komponen penting kemampuan membaca (kemampuan bahasa lisan, pengetahuan tentang abjad, kesadaran fonologi, dan kesadaran huruf cetak) muncul pada 179 anak atau 95,72%, sedangkan pada 8 anak atau 4,28% hanya beberapa komponen penting kemampuan membaca yang muncul, yaitu 3 anak menguasai 3 komponen penting kemampuan membaca (kemampuan bahasa lisan, pengetahuan tentang abjad, dan kesadaran huruf cetak), 3 anak menguasai komponen berkomunikasi dengan bahasa lisan, dan 2 anak menguasai 2 komponen (kemampuan bahasa lisan, dan kesadaran fonologi). Kata kunci: kemampuan membaca, membaca permulaan anak TK, komponen, tahap

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Feb 2018 01:49
Last Modified: 30 Jan 2019 15:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55409

Actions (login required)

View Item View Item