PENGARUH SIKLUS BELAJAR 5E TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BANTUL PADA MATERI SISTEM SARAF MANUSIA

Nugraheni, Desi (2017) PENGARUH SIKLUS BELAJAR 5E TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BANTUL PADA MATERI SISTEM SARAF MANUSIA. S1 thesis, Fakultas Matematika & IPA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf

Download (766kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya pengaruh penerapan siklus belajar 5E terhadap kemampuan literasi sains siswa, (2) ada tidaknya pengaruh penerapan siklus belajar 5E terhadap hasil belajar, dan (3) hubungan antara kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bantul pada materi sistem saraf manusia. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan control group pretestposttest design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Bantul. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA 4 sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol dan XI IPA 7, sebanyak 28 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan antara lain: instrumen pengambilan data berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kegiatan Siswa; keterlaksanaan pembelajaran dengan siklus belajar 5E berupa lembar observasi; kemampuan literasi sains dan hasil belajar berupa tes pretes dan postes. Teknik pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji-t, uji analisis covariance (ANCOVA) dan uji korelasi Pearson. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siklus belajar 5E berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains pada materi sistem saraf manusia, (2) siklus belajar 5E berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem saraf manusia, dan (3) terdapat hubungan positif antara kemampuan literasi sains dengan hasil belajar siswa, semakin tinggi kemampuan literasi sains siswa maka semakin tinggi pula hasil belajar yang diperoleh siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: siklus belajar 5E, literasi sains, hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 09 Feb 2018 02:26
Last Modified: 30 Jan 2019 15:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55406

Actions (login required)

View Item View Item