LAPORAN PRAKTIK LAPAGAN TERBIMBING (PLT) TAHUN AJARAN 2017/2018

Ichwan Ma’ruf Adityawarman, Ichwan Ma’ruf Adityawarman (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPAGAN TERBIMBING (PLT) TAHUN AJARAN 2017/2018. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ICHWAN MA’RUF A_14504244019.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan suatu program terpadu yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa kependidikan di UNY. Progran PLT ini merupakan sarana pengaplikasian ilmu yang telah di peroleh mahasiswa di bangku kuliah. Selain itu, program PLT ini merupakan salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi Yaitu pengabdian kepada masyarakat yang dalam hal ini adalah sekolah. Dalam hal ini masyarakat sekolah membantu serta mendukung pengembangan sekolah melaui PLT. Kegiatan PLT di SMK YAPPI Wonosari ini dilaksanakan pada tanggal 15 September hingga 15 November 2017. Beberapa pelaksanaan program PLT yang dilakukan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi praktik mengajar. Beberapa persiapan PLT yang dilakukan antara lain kegiatan konsultasi dengan guru pembimbing dan observasi kegiatan pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. Sedangkan evaluasi merupakan tahap akhir dari praktik mengajar. Praktik mengajar dilakukan pada Kelas X OC, X OD, X TSM Dan di kelas XI pada kelas XI OD. Pada akhir pratik mengajar,mahasiswa melakukan evaluasi keapada siswa. Sejumlah 105 siswa kelas X dinyatakan nilainya sudah mencapai KKM yaitu diatas 94, sedangkan 11 diantaranya belum mencapai KKM dan harus melakukan remidi. Semua siswa yang melakukan remidi mamapu menyelesaikan ualangan dengan baik, sehingga semua siswa kelas X nilainya sudah mencapai KKM. Selama kegiatan PLT banyak manfaat yang bisa diambil. Diantaranya pelajaran dan pengalaman yang berharga baik pengalaman akademik maupun non-akademik dari guru-guru SMK. Selain itu selama pelaksanaan PLT juga ada beberapa hambatan, namun hambatan-hambatan itu dapat diatasi, sehingga PLT berjalan lancar. Setelah kegiatan PLT harapannya semakin memahami dan menghayati proses pendidikan disekolah. Kerjasama dan komunikasi yang baik antara semua pihak merupakan cara yang ampuh untuk mengatasi permasalahan tersebut, sehingga kedepan akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi perkembangan sekolah, siswa dan mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMK YAPPI Wonosari. Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Feb 2018 07:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55400

Actions (login required)

View Item View Item