PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

BOBY PURNOMO, BOBY PURNOMO (2017) PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BOBY PURNOMO_14504241034.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1 pendidikan di semua jurusan sebagai bentuk pembelajaran dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa pendidikan di UNY. Kegiatan ini mempunyai visi untuk memberikan pengalaman dan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar menjadi guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Praktik mengajar yang dilakukan akan memberikan pengalaman sekaligus referensi kepada mahasiswa terhadap kenyataan yang ada dilapangan, terutama yang berkaitan erat dengan kondisi dan perilaku siswa, sehingga dapat menentukan sikap, strategi, metode, dan media pembelajaran dengan cepat dan tepat. Kegiatan PLT dilaksanakan pada tanggal 15 september 2017 sampai dengan tanggal 15 november 2017 berlokasi di SMK YAPPI WONOSARI yang beralamat di Bansari, Kepek, Wonosari Gunung Kidul. Sebelum memulai PLT ada beberapa tahapan yang harus dipersiapkan, diantaranya membuat administrasi guru. Administrasi guru dibuat setelah melakukan observasi dan konsultasi dengan guru pembimbing di sekolah yang bersangkutan. Untuk kesiapan mengajar, sebelum masuk kelas mahasiswa praktikan disyaratkan untuk menyusun materi dan RPP serta menyiapkan media yang kemudian dikonsultasikan dengan guru pembimbing. Praktik mengajar dilakukan di jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK YAPPI WONOSARI, mengajar mata pelajaran Pemeliharaan/Servis Bahan Bakar Bensin tipe Efi di empat kelas yaitu kelas XIOA, Kelas XIOB, Kelas XIOC dan Kelas XIOD. PLT dilaksanakan selama 8 minggu dengan 8 kali tatap muka untuk setiap kelasnya. Pada akhir pratik mengajar,mahasiswa melakukan evaluasi kepada siswa. Sejumlah 97 siswa kelas XI otomotif dinyatakan nilainya sudah mencapai KKM yaitu diatas 75, sedangkan 33 diantaranya belum mencapai KKM dan harus melakukan remidi. Semua siswa yang melakukan remidi mampu menyelesaikan ulangan dengan baik, sehingga semua siswa kelas XI nilainya sudah mencapai KKM. Selama kegiatan PLT banyak manfaat yang bisa diambil. Diantaranya pelajaran dan pengalaman yang sangat berharga baik pengalaman akademik maupun nonakademik dari guru-guru SMK. Selain itu selama pelaksanaan PLT juga ada beberapa hambatan, namun hambatan-hambatan itu dapat diatasi, sehingga PLT berjalan lancar. Setelah kegiatan PLT harapannya semakin memahami dan menghayati proses pendidikan disekolah. Kerjasama dan komunikasi yang baik antara semua pihak merupakan cara yang ampuh untuk mengatasi permasalahan tersebut, sehingga kedepan akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi perkembangan sekolah, siswa dan mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT 2017, SMK YAPPI WONOSARI
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Feb 2018 06:51
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55397

Actions (login required)

View Item View Item