PENGARUH PROFIT MARGIN, ASSETS UTILIZATION, DAN EQUITY MULTIPLIER TERHADAP TINGKAT EFISIENSI PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2012-2015

Abdullah, Fadlil Aly Anshori (2018) PENGARUH PROFIT MARGIN, ASSETS UTILIZATION, DAN EQUITY MULTIPLIER TERHADAP TINGKAT EFISIENSI PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2012-2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ Abdullah Fadlil_ 10412144028.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Profit Margin terhadap Tingkat Efisiensi pada bank syariah di Indonesia pada periode 2012-2015, pengaruh Asset Utilization terhadap Tingkat Efisiensi pada bank syariah di Indonesia pada periode 2012-2015, dan pengaruh Equity Multiplier terhadap Tingkat Efisiensi pada bank syariah di Indonesia pada periode 2012-2015. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian terdiri dari Analisis Regresi Linier Sederhana dan Regresi Linier Berganda. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perbankan syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan periode tahun 2012-2015. Hasil penelitian menunjukan bahwa Profit Margin berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tingkat Efisiensi (ROE) pada perbankan syariah di Indonesia (sig. = 0,018 < Level of Significant = 0,05). Hal ini berarti, jika Profit Margin mengalami peningkatan, maka ROE juga akan mengalami peningkatan. Asset Utilization berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Tingkat Efisiensi (ROE) pada perbankan syariah di Indonesia (nilai sig. = 0,000 < Level of Significant = 0,05). Hal ini berarti, jika Asset Utilization mengalami penurunan, maka ROE akan mengalami peningkatan. Equity Multiplier berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tingkat Efisiensi (ROE) pada perbankan syariah di Indonesia (nilai sig. = 0,028 < Level of Significant = 0,05). Hal ini berarti, jika Equity Multiplier mengalami peningkatan, maka ROE juga akan mengalami peningkatan. Profit Margin, Asset Utilization, dan Equity Multiplier berpengaruh secara bersama-sama terhadap Tingkat Efisiensi (ROE) pada perbankan syariah di Indonesia (nilai sig. = 0,000 < Level of Significant = 0,05). Hal ini berarti, jika Profit Margin, Asset Utilization, dan Equity Multiplier mengalami peningkatan, maka Tingkat Efisiensi (ROE) juga akan mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Efisiensi (ROE), Profit Margin, Asset Utillization, Equity Multiplier, perbankan Syariah
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Bank dan Perbankan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 06 Feb 2018 04:24
Last Modified: 30 Jan 2019 15:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55381

Actions (login required)

View Item View Item