LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Hanif Arfian, Hanif Arfian (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14503241014_HANIF ARFIAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang sebagian program studinya adalah kependidikan. Untuk itu UNY sebagai sebuah universitas berbasis pendidikan menyelenggarakan mata kuliah wajib yaitu Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). PLT adalah salah satu program dari UNY dalam menyelenggarakan pendidikan akademik, profesi, dan vokasi dalam bidang kependidikan yang mengutamakan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendikian. Pada kegiatan PLT mahasiswa dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga serta ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program pengembangan sekolah. Sebelum melaksanakan PLT ada serangkaian kegiatan pra PLT yang dilaksanakan dari mulai pembekalan, micro teaching, dan penyerahan mahasiswa ke Sekolah untuk observasi agar siap melaksanakan PLT. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) telah dilaksanakan di SMK Negeri 3 Yogyakarta selama 2 bulan pada semester ganjil mulai dilaksanakan pada tanggal 15 September s/d tanggal 15 November 2017. Dalam pelaksanaanya mahasiswa mahasiswa PLT melaksanakan pembelajaran terbimbing dan pembelajaran mandiri pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin (PDTM) untuk kelas X TP 3 dan X TP 4. Dilaksanakan kegiatan mengajar dengan pertemuan sebanyak 12 kali, yang terdiri dari 4 kali mengajar terbimbing dan 8 kali mengajar mandiri. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, Discovery Learning, Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL), jobsheet dan latihan soal. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain gambar, video, slide PowerPoint, beserta alat dan bahan yang digunakan dalam pembelajaran. Adapun keberhasilan dari pelaksanaan program tidak terlepas dari persiapan yang matang. Observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di sekolah harus benar-benar dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya yang nantinya akan mendukung kelancaran kegiatan PLT. Selain itu juga kerjasama antar pihak yang terkait juga harus selalu dijaga agar masalah yang timbul dalam pelaksanaan kegiatan PLT akan lebih mudah untuk diatasi. Keterlibatan Guru Pembimbing, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan peserta didik yaitu siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta sangat berpengaruh terhadap kesuksesan praktikan. Harapannya untuk pelaksanaan PLT periode yang akan datang ada baiknya jika antara pihak sekolah dan mahasiswa lebih meningkatkan kerjasama agar dapat lebih bermanfaat bagi semua pihak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Mahasiswa, UNY, SMK Negeri 3 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Feb 2018 03:20
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55374

Actions (login required)

View Item View Item