LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Muhhammad Bardan, Muhhammad Bardan (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD BARDAN_14503244012.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu bentuk perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dan sebagai bentuk kontribusi Universitas Negeri Yogyakarta sebagai universitas pendidikan dalam rangka memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengamalkan dan menyalurkan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari dalam bangku perkuliahan sekaligus terjun langsung dalam masyarakat pendidikan untuk melatih keahlian dan kompetensi sebagai seorang calon pendidik dan tenaga kependidikan. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Pelaksanaan program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dimulai pada tanggal 15 Agustus 2017 hingga 15 November 2017. Rangkaian kegiatan yang harus dilaksanakan sebelum melakukan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) diantaranya adalah lulus mata kuliah Pengajaran Mikro (Micro Teaching) dengan nilai minimal B, Pembekalan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) oleh bidang UPPL LPPMP UNY, observasi kegiatan dan persiapan administrasi guru untuk mengajar. Dalam pelaksanaan Program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) mahasiswa ditempatkan pada Bidang Paket Keahlian Teknik Pemesinan dengan mengampu mata pelajaran Gambar Teknik Mesin Dasar sesuai Kurikulum 2013 revisi 2017 untuk kelas X TP. Hasil dari pelaksanaan Program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah : (1) Praktik mengajar yang telah dilakukan sebanyak 21x pertemuan dengan jumlah jam pelajaran 4jam @45 menit per minggu. (2) Persiapan mengajar seperti administrasi guru, administrasi pembelajaran, materi ajar, instrument penilaian dan media pembelajaran telah dibuat dan digunakan dalam pembelajaran. (3). Materi pelajaran Gambar Teknik Mesin Dasar (GTM) disampaikan kepada siswa sesuai dengan Standar Komptensi Lulusan Kurikulum 2013 revisi 2017 dan matriks program kerja. (4) Mahasiswa mengerjakan kegiatan Program Praktik Lapangan Termbimbing (PLT) dengan total waktu kegiatan 322,8 jam.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Gambar Teknik Mesin, Kurikulum 2013 revisi 2017, Praktik Lapangan Terbimbing, SMK Muhammadiyah 1 Playen, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Feb 2018 00:30
Last Modified: 01 Oct 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55361

Actions (login required)

View Item View Item