MIND MAPPING SEBAGAI METODE MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BEKELAN

Nurul Yasin, Wildan (2017) MIND MAPPING SEBAGAI METODE MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BEKELAN. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan skema Mind Mapping dalam bentuk karya gambar kreatif menggunakan warna dan bentuk. Subjek penelitian ini adalah 8 karya siswa SD Negeri Bekelan yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman serta pemeriksaan keabsahan datanya menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa mampu dalam menyelesaikan masalah terutama ketika berhadapan dengan suatu tema tertentu. Mereka mampu memahami apa yang perlu dilakukan ketika menerima tema dalam proses menggambar. 2) Terlihat indikasi peningkatan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran menggambar dengan tema piknik. Hal tersebut nampak ketika siswa mampu menuangkan ide, gagasan serta pengalamannya selama piknik kedalam bentuk Mind Mapping yang kemudian diwujudkan dalam bentuk karya gambar, 3) Dalam proses menggambar dengan menggunakan metode Mind Mapping siswa berani untuk mengeluarkan ide dan kreativitasnya, tidak mudah menyerah ketika mencari ide, mampu dan berani menjelaskan ketika diberi pertanyaan seputar karyanya. Kata kunci: Mind Mapping, Kreativitas, Menggambar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 07 Feb 2018 02:17
Last Modified: 30 Jan 2019 15:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55352

Actions (login required)

View Item View Item