Yusuf Ramdhani Putra, Yusuf Ramdhani Putra (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
LAPORAN INDIVIDU YUSUF RAMADHANI PUTRA.pdf Download (26MB) | Preview |
Abstract
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan salah satu lembaga pendidik tenaga kependidikan (LPTK) yang mencetak sarjana pendidikan atau sarjana yang berorientasi di dunia kependidikan, dimana sebagian besar program studi yang ada di UNY adalah program studi kependidikan. Sebagai salah satu universitas yang bergerak di bidang kependidikan, maka UNY senantiasa meningkatkan kualitas lulusan untuk mengembangkan kemajuan pendidikan di Indonesia. PLT merupakan mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa UNY yang mengambil program studi pendidikan. Kegiatan PLT sebagai pembelajaran bagi mahasiswa untuk menghadapi pengalaman nyata sebagai tenaga pendidik atau guru di sekolah. Mahasiswa diharapkan mampu berlatih mengerti tugas seorang guru yang meliputi hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai pelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran, cara penyampaian materi yang sesuai bagi siswa, cara mengandalikan kelas, penilaian hasil belajar siswa, melakukan perbaikan dan pengayaan bagi siswa, serta hal-hal yang berkaitan dengan tugas seorang guru. Kegiatan PLT dilaksanakan kurang lebih selama dua bulan pada tanggal 15 September – 20 Desember 2017. Pelaksanaan kegiatan PLT diawali dengan melakukan observasi lapangan, sehingga mengetahui kondisi sekolah khususnya di SMK N 2 Klaten, yang beralamat di desa Senden kecamatan Ngawen, Klaten Utara, Jawa Tengah. Setelah mengetahui kondisi sekolah berdasarkan data yang terkumpul, disusunlah program kerja sesuai dengan skala prioritas, kebutuhan, dan waktu. Kegiatan mengajar dilaksanankan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP) yang telah dikonsultasikan dengan guru pembimbing. Praktikan mengajar di dua kelas yaitu kelas XII TKR A dan TKR B dengan mata pelajaran kejuruan, dengan materi yang diajarkan yaitu PMKR (Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan) dan PCKR (Pemeliharaan Chasis Kendaraan Ringan). Selain itu mahasiswa juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya. Hasil dari pelaksanaan PLT dapat dirasakan dampaknya oleh mahasiswa. Mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah di dapatkan di bangku perkuliahan. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi hambatan tersebut dapat teratasi dengan adanya bantuan dari berbagai pihak yang terkait.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), SMK Negeri 2 Klaten, TKR |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 05 Feb 2018 06:29 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55351 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |