Efektivitas Group Art Therapy dengan Media Clay untuk Meningkatkan Perilaku Empati dan Prososial pada Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 8 Yogyakarta.

Netrasari, Elvia (2018) Efektivitas Group Art Therapy dengan Media Clay untuk Meningkatkan Perilaku Empati dan Prososial pada Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 8 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-elvia-netrasari-15713251029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode group art therapy dengan media clay untuk meningkatkan perilaku empati dan prososial peserta didik kelas VII di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design, dimana terdapat treatment yang berfungsi sebagai pembanding dan terdapat kesempatan untuk memperoleh ukuran pretest dan postest. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling technique. Berdasarkan teknik tersebut, maka peneliti mengambil dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol, di mana kelas VII-C dan VII-J sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VII-D dan VII-H menjadi kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan skala perilaku empati dan prososial. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji manova dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode group art therapy dengan media clay dapat meningkatkan perilaku empati dan prososial peserta didik kelas VII di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji manova dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (p= 0,010 < 0,05) pada Hotelling’s Trance. Perolehan gain score juga menunjukkan bahwa perilaku empati dan prososial pada kelas eksperimen masing-masing sebesar 0,31 dan 0,32 dalam kategori sedang, sementara perolehan gain score pada kelas kontrol masing-masing sebesar 0.08 dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: group art therapy, media clay, perilaku empati, perilaku prososial
Subjects: Pendidikan > Konseling
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Feb 2018 04:02
Last Modified: 26 Oct 2022 08:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55339

Actions (login required)

View Item View Item