PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA N 1 BANTARBOLANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2016/2017

Istidiana, Lala Fitria (2018) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA N 1 BANTARBOLANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi siap burning.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh positif tingkat pendidikan formal orang tua terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bantarbolang Tahun Ajaran 2016/2017, (2) pengaruh positif disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bantarbolang Tahun Ajaran 2016/2017, (3) pengaruh positif tingkat pendidikan formal orang tua dan disiplin belajar secara bersama terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bantarbolang Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS SMAN 1 Bantarbolang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 163 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan ukuran sampel mengacu pada tabel Issac & Michael dengan taraf kesalahan 5%, sebanyak 110 siswa kelas XI IPS. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan tingkat signifikansi ditentukan sebesar 5%. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif tingkat pendidikan formal Ayah terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bantarbolang Tahun Ajaran 2016/2017, dengan nilai signifikansi sebesar 0.034 (Sig<0,05). (2) Terdapat pengaruh positif tingkat pendidikan formal Ibu terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bantarbolang Tahun Ajaran 2016/2017, dengan nilai signifikansi sebesar 0.024 (Sig<0,05). (3) Terdapat pengaruh disiplin belajar ekonomi terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bantarbolang Tahun Ajaran 2016/2017, dengan signifikansi sebesar 0.001 (Sig<0,05). Hasil belajar ekonomi siswa dapat dijelaskan oleh variabel tingkat pendidikan formal orang tua dan disiplin belajar siswa sebesar 17,7%, sedangkan sisanya sebesar 82,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tingkat pendidikan formal orang tua, disiplin belajar, hasil belajar ekonomi
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 06 Feb 2018 03:12
Last Modified: 30 Jan 2019 15:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55338

Actions (login required)

View Item View Item