KEPUTUSAN NASABAH BANK BRI YANG MENJADI PEDAGANG PASAR LEGI YOGYAKARTA DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA PINJAMAN MODAL DI TERAS BANK BRI

Makruf, Sofwan (2018) KEPUTUSAN NASABAH BANK BRI YANG MENJADI PEDAGANG PASAR LEGI YOGYAKARTA DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA PINJAMAN MODAL DI TERAS BANK BRI. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pelayanan terhadap keputusan pedagang Pasar Legi Yogyakarta. (2) Pengaruh prosedur kredit terhadap keputusan pedagang Pasar Legi Yogyakarta. (3) Pengaruh pelayanan dan prosedur kredit secara simultan terhadap keputusan nasabah Bank BRI yang menjadi pedagang Pasar Legi Yogyakarta dalam mengambil keputusan penggunaan jasa pinjaman modal di Teras Bank BRI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh nasabah Teras Bank BRI cabang Pasar Legi sebanyak 111 orang. Pemilihan sample dalam penelitian ini menggunakan pusposive sampling. Sampel penelitian adalah nasabah Teras Bank BRI cabang Pasar Legi sebanyak 56 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Validitas menggunakan rumus korelasi product moment, dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif pelayanan terhadap keputusan pedagang Pasar Legi Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung sebesar 2,485 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,009 atau (2,485>2,009), nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,016<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,203; (2) terdapat pengaruh positif prosedur kredit terhadap keputusan nasabah Bank BRI yang menjadi pedagang Pasar Legi Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (7,759>2,009), nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,636; (3) Terdapat pengaruh positif pelayanan dan prosedur kredit secara simultan terhadap keputusan nasabah Bank BRI yang menjadi pedagang Pasar Legi Yogyakarta dalam memilih penggunaan jasa pinjaman modal. Hal ini dibuktikan dari nilai F_hitung lebih besar dari F_tabel (39,203>3,183), dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Variabel pelayanan dan prosedur kredit secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap keputusan pedagang Pasar Legi Yogyakarta dalam memilih penggunaan jasa pinjaman modal yang ditawarkan oleh Teras Bank BRI sebesar 59,7%, sedangkan sisanya sebesar 40,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keputusan Nasabah Bank BRI, Jasa Pinjaman Modal, dan Teras Bank BRI
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Bank dan Perbankan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 06 Feb 2018 03:11
Last Modified: 30 Jan 2019 15:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55336

Actions (login required)

View Item View Item