PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2015 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Friskawati, Mia (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2015 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Mia Friskawati_13804241039_Skripsi.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNY 2015, (2) Pengaruh Praktik Kewirausahaan Terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNY 2015, (3) Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Praktik Kewirausahaan Secara Bersama-Sama Terhadap Pengambilan Keputusan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNY 2015. Penelitian ini merupakan penelitian sosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif, Variabel penelitian ini adalah pembelajaran kewirausahaan, praktik kewirausahaan dan pengambilan keputusan berwirausaha. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi FE UNY angkatan 2015 sebanyak 61 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi ganda. Sebelum analisis data, terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) pembelajaran kewirausahaan berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan berwirausaha yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,008 < 0,05. (2) praktik kewirausahaan berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan berwirausaha yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,000 < 0,05. (3) pembelajaran kewirausahaan dan praktik kewirausahaan secara bersama-sama berpengaruh positif tehadap pengambilan keputusan berwirausaha yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Nilai R2 Sebesar 0,555 ini berarti 55,5% pengambilan keputusan berwirausaha dijelaskan oleh variabel pembelajaran kewirausahaan dan praktik kewirausahaan sedangkan sisanya 44,5% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kewirausahaan, Praktik Kewirausahaan, Pengambilan Keputusan Berwirausaha
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 06 Feb 2018 03:11
Last Modified: 30 Jan 2019 15:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55332

Actions (login required)

View Item View Item