ANALISIS MUATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS)DALAM LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)MATERI SEL DI SMA NEGERI KOTA BEKASI

Puspita, Aditya Rizka (2017) ANALISIS MUATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS)DALAM LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)MATERI SEL DI SMA NEGERI KOTA BEKASI. S1 thesis, Fakultas Matematika & IPA.

[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis muatan KPS dalam LKPD Biologi. Analisis ini mencakup aspek dan intensitas KPS yang dikembangkan dalam LKPD materi sel SMA Negeri berdasarkan kurikulum 2013 di Kota Bekasi. Penelitian ini merupakan analisis isi (content analysis) LKPD yang digunakan peserta didik dalam pembelajaran sel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh LKPD Biologi yang digunakan di SMA Negeri Kota Bekasi yang telah menerapkan kurikulum 2013. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling, dengan teknik ini diperoleh 5 LKPD sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi yang dimodifikasi dari KPS yang dikembangkan oleh Rezba (2007). Pengumpulan data dilakukan melalui 3 orang panelis yang telah memenuhi syarat. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkkan aspek KPS yang dikembangkan dalam LKPD materi sel adalah mengamati, mengelompokkan, mengukur, menyimpulkan, mengkomunikasi, membuat tabel, membuat grafik, mengumpulkan dan mengolah data, menganalisis hasil, menyusun hipotesis, dan melakukan percobaan. Intensitas kemunculan KPS tertinggi adalah aspek mengamati, mengelompokkan, mengkommunikasi, dan melakukan percobaan. Sedangkan intensitas terendah dalam LKPD materi sel adalah aspek mengukur dan menyusun hipotesis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis LKPD, Keterampilan Proses Sains, KPS Materi Sel
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 06 Feb 2018 02:59
Last Modified: 30 Jan 2019 15:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55321

Actions (login required)

View Item View Item