Nafsiyah Mutmainnah Yusliani, Nafsiyah Mutmainnah Yusliani (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Nafsiyah Mutmainnah_14511241024.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program S1 kependidikan. Program PLT bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran; dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner kedalam pembelajaran di sekolah. Kegiatan PLT dilaksanakan pada tanggal 15 September – 15 November 2017 di SMK Negeri 3 Klaten. Mata Pelajaran yang diampu adalah Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental (P2MK) kelas XI JB 3 dan XI JB 4. Praktik mengajar dilakukan sebanyak 12 kali pertemuan untuk mata pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental (P2MK) yang terdiri dari dua kali mengajar teori terbimbing dan dua kali mengajar teori mandiri, serta enam kali mengajar praktik terbimbing dan dua kali mengajar praktik mandiri. Mahasiswa mengampu dua kelas yakni XI JB 3 pada hari Kamis dengan total mengajar 7 jam pelajaran dalam 1 minggu sedangkan XI JB 4 pada hari Rabu dengan total jam mengajar sama yaitu 7 jam pelajaran dalam 1 minggu. Total keseluruhan mengajar dalam 1 bulan yakni 84 jam. Kegiatan yang dilakukan selama PLT antara lain: persiapan sebelum mengajar meliputi penyusunan RPP, penyusunan materi ajar, penyusunan dan pengembangan media pembelajaran, dan pembuatan soal evaluasi. Secara keseluruhan kegiatan PLT terlaksana dengan baik meskipun terdapat hambatan-hambatan selama pelaksanaan kegiatan. Hambatan – hambatan selama pelaksanaan diharapkan dapat menambah pengalaman mahasiswa sehingga mahasiswa dapat meningkatkan kompetensi diri di bidang pendidikan. Selain itu kerjasama yang telah terjalin dengan baik antara pihak sekolah dan pihak universitas diharapkan dapat terjalin lebih erat dan dapat ditingkatkan lagi.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktik Lapangan Terbimbing, SMK Negeri 3 Klaten |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 02 Feb 2018 07:03 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55312 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |