Keefektifan Model Pembelajaran Generatif dan Model Pembelajaran Kooperatif Skrip dalam Pembelajaran Diskusi pada Peserta Didik SMA Kelas MIA di Kabupaten Sleman.

Rachmawati, Elin Nur (2017) Keefektifan Model Pembelajaran Generatif dan Model Pembelajaran Kooperatif Skrip dalam Pembelajaran Diskusi pada Peserta Didik SMA Kelas MIA di Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-elin nur rachmawati-15715251004.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adakah perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran generatif dan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran diskusi peserta didik kelas XI MIA SMA di Kabupaten Sleman; (2) adakah perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif skrip dan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran diskusi peserta didik kelas XI MIA SMA di Kabupaten Sleman; dan (3) adakah perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran generatif dan model pembelajaran kooperatif skrip dalam pembelajaran diskusi peserta didik kelas XI MIA SMA di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA di Kabupaten Sleman. Berdasarkan teknik cluster random sampling ditetapkan kelas XI MIPA 3 di SMA Negeri 1 Sayegan sebagai kelompok eksperimen 1, kelas XI MIA 3 di SMA Negeri 2 Ngaglik sebagai kelompok eksperimen 2, dan kelas XI MIA 4 di SMA Negeri 1 Prambanan sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes berupa prates dan pascates. Validitas instrumen berupa validitas isi. Teknik analisis data menggunakan analisis varian dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varian. Pengujian dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 23.0 menunjukkan data prates dan pascates berdistribusi normal dan homogen. Analisis varian uji Scheffe data pascates kelompok kontrol dan kelompok eksperimen 1 diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000 (p < 0,05) dan Analisis varian data pascates kelompok kontrol dan kelompok eksperimen 2 diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000 (p < 0,05). Simpulan penelitian ini berdasarkan analisis tersebut adalah (1) ada perbedaan yang signifikan model membelajaran generatif dan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran diskusi peserta didik kelas XI MIA SMA di Kabupaten Sleman; (2) ada perbedaan yang signifikan model pembelajaran kooperatif skrip dan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran diskusi peserta didik kelas XI MIA SMA di Kabupaten Sleman; (3) ada perbedaan yang signifikan model pembelajaran generatif dan model pembelajaran kooperatif skrip dalam pembelajaran diskusi peserta didik kelas XI MIA SMA di Kabupaten Sleman. Jadi, model pembelajaran generatif dan model pembelajaran kooperatif skrip efektif digunakan dalam pembelajaran diskusi peserta didik Kelas XI MIA SMA di Kabupaten Sleman.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, model pembelajaran generatif, model pembelajaran kooperatif skrip, diskusi, siswa SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Feb 2018 07:25
Last Modified: 09 May 2019 08:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55311

Actions (login required)

View Item View Item