LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Hanifatur Rosyidah, Hanifatur Rosyidah (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Hanifatur Rosyidah_14511241040.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program S1 kependidikan. Program PLT bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan; member kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran; dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai kedalam pembelajaran di sekolah. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2017 yang berlokasi di SMK Negeri 3 Klaten telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 September sampai 15 November 2017. Kelompok PLT di lokasi ini terdiri dari 10 mahasiswa dari program studi pendidikan teknik boga dan Pendidikan Teknik Busana. Selama kegiatan PLT, praktikan melakukan kegiatan pembelajaran mandiri dan terbimbing di tuju kelas, yaitu kelas X JB 1, X JB 3, X JB 4, XI JB 3, XI JB 4, XI JB 5, dan XII JB 2. Mata Pelajaran yang diampu adalah Simulasi Digital kelas X JB 3 dan X JB 4, Boga Dasar kelas X JB 1 dan X JB 4, Pengantar Pariwisata kelas XI JB 3, XI JB 4 dan XI JB 5, serta Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia (P2MI) kelas XII JB 2. Dalam kegiatan pembelajaran perlu melakukan persiapan diantaranya pembuatan RPP, Administrasi Pembelajaran serta Media Pembelajaran. Secara keseluruhan kegiatan PLT terlaksana dengan baik meskipun terdapat hambatan-hambatan selama pelaksanaan kegiatan. Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan. Munculnya hambatan selama pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar. Hambatan – hambatan selama pelaksanaan diharapkan dapat menambah pengalaman mahasiswa sehingga mahasiswa dapat meningkatkan kompetensi diri di bidang pendidikan. Selain itu kerjasama yang telah terjalin dengan baik antara pihak sekolah dan pihak universitas diharapkan dapat terjalin lebih erat dan dapat ditingkatkan lagi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing, SMK Negeri 3 Klaten
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Feb 2018 06:58
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55310

Actions (login required)

View Item View Item