LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

JUNI SORYATI, JUNI SORYATI (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU_JUNI SORYATI_14501241014_PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO_SMK N 2 WONOSARI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam proses pembelajaran yang utuh dan terpadu, melatih dan mengembangkan berbagai kompetensi yang dipersyaratkan bagi seorang guru/ tenaga kependidikan. Praktik Pengalaman lapangan diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai tenaga kependidikan professional yang siap memasuki dunia pendidikan. Selain itu, guna menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan prfesional, mengintegrasi, dan mengimplementasikan ilmu yang tellah dikuasai ke dalam praktik keguruan dan kependidikan. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan pada tanggal 15 September 2017 sampai 15 November 2017 yang bertempat di SMKN 2 Wonosari yang beralamatkan di Jl. K.H. Agus Salim No. 17, Ledoksari, Kepek, Wonosari, Gunungkidul. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan dengan tahapan metode meliputi : (1) melakukan observasi kondisi lembaga, kondisi sekolah dan pembelajaran di kelas; (2) melakukan persiapan pembelajaran dengan melengkapi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Job Sheet Praktik, dan lainnya; dan (3) melaksanakan praktik mengajar ditambah dengan melakukan evaluasi dalam bentuk pekerjaan rumah setiap selesai satu kompetensi dasar (KD). Mahasiswa menjalankan program mengajar minimal 8 kali pertemuan. Metode yang digunakan dalam mengajar beragam, seperti tanya jawab, ceramah, diskusi, penugasan, tutorial, dan praktik. Praktikan mengajar sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI LA dan XI LB dan telah menyelesaikan tugas mengajar sebanyak 16 kali selama PLT berlangsung. Praktikan mengampu mata pelajaran INSTALASI MOTOR LISTRIK dengan tatap muka 2 kali dalam 1 minggu untuk kelas paralel dan setiap minggunya mengajar selama 8 jam pelajaran. Hasil dari pelaksanaan PLT ini mahasiswa mendapatkan pengalaman menjadi seorang pendidik yang mana selain menghadapi siswa seorang pendidik juga harus menyiapkan buku ajar sebagai administrasi mengajar yang berisi Silabus, Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), Job Sheet dan lainnya sampai dengan pengelolaan kelas. Hasil nilai praktik siswa diatas atau sama dengan nilai KKM (75). Evaluasi praktik INSTALASI MOTOR LISTRIK dilakukan 4 kali dengan materi yang berbeda.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, INSTALASI MOTOR LISTRIK, SMK Negeri 2 Wonosari.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Feb 2018 04:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55300

Actions (login required)

View Item View Item