LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

AJI MAHSA AL MAUKUF, AJI MAHSA AL MAUKUF (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU PLT AJI MAHSA AL MAUKUF (14503244017).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan atau S1. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tempat yang menjadi lokasi pelaksanaan PLT UNY 2017 adalah SMK Negeri 2 Wonosari, yang beralamat di Jl. K.H. Agus Salim No. 17, Ledoksari, Kepek, Wonosari, Gunungkidul. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan di SMKN 2 Wonosari dengan tahapan metode meliputi : 1) Melakukan observasi kondisi lembaga, kondisi sekolah dan pembelajaran di kelas. 2) Melakukan persiapan pembelajaran dengan melengkapi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Aktivitas Siswa dan lainnya, dan 3) Melaksanakan praktik mengajar Teknologi Mekanik, Mekanika Teknik, dan Elemen Mesin (TM MTEM) ditambah dengan melakukan evaluasi dalam bentuk pekerjaan rumah setiap selesai satu kompetensi dasar (KD). Hasil dari pelaksanakan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini adalah (1) Terselesaikannya tugas PLT dengan pelaksanaan selama 2 bulan dari mulai tanggal 15 September 2017 sampai 15 November 2017, dengan menerapkan Kurikulum 2013 dan jumlah jam mengajar 12 jam pertemuan tiap minggunya dari ketiga kelas. Dari kegiatan PLT ini mahasiswa mendapatkan pengalaman menjadi seorang pendidik yang mana selain menghadapi murid seorang pendidik juga harus menyiapkan buku ajar sebagai administrasi mengajar yang berisi Silabus, Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), Lembar Aktivitas Siswa dan lainnya sampai dengan pengelolaan kelas. Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) berhasil dilaksanakan dengan baik, terbukti dari total 6 Kompetensi Dasar yang harus diselesaikan pada semester 1 ini, terselesaikan tepat waktu. Penulis menghimbau SMK N 2 Wonosari untuk menambah sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan belajar mengajar seperti akses internet yang mudah, tersedianya komputer bagi siswa, dll.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, TM MTEM, KBM, SMK Negeri 2 Wonosari.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Feb 2018 02:57
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55286

Actions (login required)

View Item View Item