ANALISIS POLA EKSPRESI GEMBIRA WAJAH MANUSIA

Kalbuadi, Pangastowo Rahmat and Purwanto, Agus (2018) ANALISIS POLA EKSPRESI GEMBIRA WAJAH MANUSIA. S1 thesis, Fakultas Matematika & IPA.

[img]
Preview
Text
full skripsi_pangastowo 10306141024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan citra wajah dan bukan wajah, mengetahui pola morfologi wajah manusia saat menampilkan ekspresi gembira, dan merumuskan ekspresi matematis dari ekspresi gembira. Peralihan nilai intensitas cahaya pada bagian wajah dan bukan wajah yang cukup tajam, dapat dikenakan deteksi tepi untuk membedakan bagian wajah dan bukan wajah. Citra manusia saat melakukan ekspresi gembira, mulut akan membuka ke samping pada kedua bibirnya, sedangkan mata cenderung dalam bentuk normal atau hampir memejam. Citra dapat dianalisis dengan menggunakan tranformasi Fourier dimensi 2. Pola ekspresi gembira dapat diperoleh dengan mendefinisikan jarak antara kedua mata dan jarak tiap mata ke mulut. Bentuk morfologi wajah ketika ekspresi netral, dengan ketika ekspresi gembira akan memiliki perbedaan. Citra wajah dan citra bukan wajah dapat dibedakan dengan metode deteksi tepi langsung pada citra dan juga menggunakan restorasi citra hasil dari mengubah nilai magnitude S(1,1) menjadi 0. Dengan hasil metode deteksi tepi langsung pada citra diperoleh hasil citra biner yang menunjukkan area wajah beserta action unitnya sedangkan dengan metode restorasi citra menghasilkan citra gray-scale dengan area wajah bernilai piksel 0. Ekspresi matematis dan juga pola morfologi dari citra yang melakukan ekspresi gembira adalah sebuah segitiga imajiner yang menghubungkan antara kedua mata dengan mulut dengan perubahan panjang sisi yaitu memanjang pada sisi yang menghubungkan kedua mata dan memendek pada sisi yang menghubungkan mata dengan mulut. Mata dan mulut sendiri diwakili oleh sebuah titik pusat nilai piksel dalam format citra biner.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Citra, wajah manusia, mulut, mata, intensitas cahaya, nilai piksel, pola morfologi, ekspresi matematis, statistik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 06 Feb 2018 02:56
Last Modified: 30 Jan 2019 15:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55257

Actions (login required)

View Item View Item