LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Ferio Tersinida, Ferio Tersinida (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14802244019 - FERIO TERSINIDA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah program yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik dan tenaga kependidikan. Program ini merupakan salah satu mata kuliah yang berbobot 3 SKS yang wajib ditempuh oleh mahasiswa jenjang S-1 Kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Program ini mampu memberikan pengetahuan Life Skills, antara lain: mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Program ini juga memberikan pengalaman bagi mahasiswa kependidikan yang akan menjalani profesi sebagai pendidik. Oleh karena itu, mahasiswa dapat merasakan atmosfer dunia kependidikan secara langsung yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten yang berlokasi di Jalan Perkutut 6, Tlogo, Prambanan, Klaten yang berlangsung selama kurang lebih 10 minggu, yaitu sejak tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Kegiatan ini mencakup praktik mengajar dan praktik manajemen administrasi sekolah yang diselenggrakan oleh pihak SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten. Adapun program kegiatan praktek mengajar meliputi persiapan media dan perangkat pembelajaran serta proses pelaksanaan pembelajaran. Perangkat pembelajaran meliputi pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Program Tahunan (PROTA), Program Semester (PROMES), Rincian Minggu Efektif, dan beberapa administrasi mengajar yang lain serta materi dan media untuk mengajar. Sedangkan proses pembelajaraan meliputi penyampaian materi viii mengajar. Semua rancangan kegiatan tersebut sebelumnya telah dikonsultasikan kepada Guru Pembimbing. Seluruh rancangan program tersebut bertujuan untuk peningkatan kualitas peserta didik, sehingga akan dihasilkan lulusan yang professional dan memiliki kompetensi yang tinggi sesuai dengan bidang masing-masing. Dengan adanya program ini diharapkan nantinya semua hasil dari program yang telah terlaksana dapat diteruskan secara berkesinambungan. Praktik mengajar di kelas dengan jumlah mengajar minimal 8 kali pertemuan telah dilaksanakan sebanyak 11 kali pertemuan mengajar terbimbing dan mandiri serta 7 pertemuan untuk menggantikan jam mengajar guru pembimbing yang sedang diklat. Adapun hasil yang dicapai selama PLT mahasiswa mendapat banyak sekali pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran. Praktik mengajar yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar. Tidak terdapat kendala yang begitu berarti selama kegiatan PLT berlangsung. Dengan adanya PLT, mahasiswa dapat merasakan secara langsung bagaimana menjadi guru dan menghadapi kondisi dan situasi yanga ada. Mahasiswa juga berhadapan langsung dengan siswa dengan segala bentuk problematika yang dihadapinya. Dapat dikatakan, proses PLT mahasiswa UNY di SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten berjalan dengan sangat lancar. Kegiatan PLT ini memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa. Ilmu yang didapatkan selama di kampus benar-benar diterapkan saat PLT berlangsung. Miskonsepsi yang dahulu diterima waktu mahasiswa berada di bangku kuliah dapat segera diperbaiki karena sudah memahami kendala dan solusinya di lapangan secara nyata. Mahasiswa juga belajar tentang pengelolaan sekolah beserta kultur sekolah secara sosial maupun profesional. Hal yang penting dari PLT ini adalah mahasiswa mendapatkan pengalaman berharga dan juga hubungan kekeluargaan dengan peserta didik dan masyarakat sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Feb 2018 06:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55252

Actions (login required)

View Item View Item