Arif Nugroho, Arif Nugroho (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
14520241007 - ARIF NUGROHO.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
tan yang dilaksanakan oleh PP PLT dan PKL LPPMP UNY untuk mahasiswa UNY dalam penerapan pendidikan akademik yang diwujudkan dalam kegiatan langsung mahasiswa di lembaga pendidikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan pengetahuan dan profesionalitas mahasiswa tentang dunia kependidikan untuk memperbaharui dan mewujudkan tatanan kehidupan bermasyarakat (dalam hal ini dunia pendidikan) yang lebih baik. Serta Salah satunya adalah dengan pelaksanaan serangkaian program PLT UNY di SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten tahun 2017 ini yang dilaksanakan pada tanggal 15 September sampai 15 November 2017. PLT di SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten ini memiliki beberapa program yang bertujuan untuk memajukan lembaga sekolah. Selama pelaksanaan PLT ini mahasiswa juga diharapkan dapat terlatih kemampuannya dalam hal administrasi yang ada di lembaga sekolah, kegiatan siswa dan guru serta ikut dalam perbaikan-perbaikan yang dilaksanakan lembaga sekolah yang bersangkutan. Sebelum kegiatan PLT berlangsung mahasiswa melaksanakan kegiatan pra PLT yaitu telah lulus mata kuliah pengajaran mikro (micro teaching), observasi, serta pembekalan PLT yang diadakan dari pihak LPPMP UNY dan dilaksanakan di Fakultas masing-masing. Setelah nantinya kegiatan PLT berakhir, mahasiswa diwajibkan menyusun laporan akhir kegiatan PLT. Selama PLT berlangsung Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilaksanaka didalam kelas berjalan dengan baik. Mahasiswa PLT disini memperoleh kesempatan mengajar siswa kelas X TKJ. Program Kerja inti PLT yang direncanakan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Informatikadi SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten tahun 2017 ini meliputi: Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Pembuatan Media Pembelajaran, Praktik mengajar Mandiri, dan Evalusi Pembelajaran, Penataan Ruang untuk Lab TKJ. Dalam pelaksanannya mahasiswa PLT diharapkan mampu melihat situasi dan kondisi sehingga dapat menselaraskan antara kurikulum 2013 (untuk kelas X) dan KTSP 2006 (untuk kelas XI) dengan kemampuan siswa dalam menyerap dan memahami materi yang diberikan dengan model dan metode pembelejaran yang nyaman bagi siswa dan menumbuhkan keaktifan siswa. Program PLT yang sudah direncanakan dapat terlaksana dengan baik dan selesai tepat pada waktunya. Program PLT yang telah terlaksana tentunya berkat kontribusi dan kerjasama antara mahasiswa, dosen pembimbi
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PLT UNY, Program PLT |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 01 Feb 2018 06:03 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55248 |
Actions (login required)
View Item |