Pengembangan Nilai-Nilai Religius di Madrasah Aliyah Nahdlatul Wathan Pancor Lombok Timur.

Manan, Abd. Latif (2018) Pengembangan Nilai-Nilai Religius di Madrasah Aliyah Nahdlatul Wathan Pancor Lombok Timur. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-abd. latif manan-10703261016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk; 1. Mengetahui dan mengkaji upaya pengembangan nilai-nilai religius di Madrasah Aliyah Nahdlatul Wathan Pancor Lombok Timur; 2. Mendeskripsikan perilaku keagamaan siswa; dan 3. Menganalisis faktor-faktor penghambat pengembangan nilai-nilai religius di Madrasah Aliyah Nahdlatul Wathan Pancor Lombok Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Nahdlatul Wathan Kelurahan Pancor Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, penarikan serta pengujian kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; 1. Pengembangan nilai-nilai religius di Madrasah Aliyah Nahdlatul Wathan Pancor ditempuh melalui beberapa upaya, yakni: a. melalui kegiatan belajar mengajar di dalam kelas maupun di luar kelas melalui kegiatan keagamaan; b. Menggunakan berbagai strategi; c. Pembentukan suasana/lingkungan religius di madrasah, serta c. Menjalin kerja sama sekolah dengan orang tua siswa; 2. Perilaku siswa terkait dengan nilai-nilai akidah, syariah dan akhlak, dapat digambarkan bahwa; a. terkait dengan nilai akidah, siswa memandang bahwa Allah Swt. sebagai Yang Maha Mulia dan Maha Tinggi penentu segala sesuatu dan seluruh subjek penelitian meyakini kebenaran agama yang dianutnya, mereka meyakini bahwa agama yang paling benar adalah agama Islam dan mereka tidak ragu menggunakan Islam sebagai identitas mereka, sehingga kedudukan agama Islam jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan agama-agama lainnya; b. Terkait dengan nilai syariah bahwa, 1) ibadah salat wajib siswa perempuan terlihat lebih disanjung tinggi dan dilaksanakan secara lebih disiplin di bandingkan dengan siswa laki-laki; 2) sebagian besar subjek penelitian tidak pernah melaksanakan salat sunah,walaupun ada pula beberapa siswa rutin melaksanakan salat sunah, biasanya dilakukan oleh siswa yang rutin melaksanakan salat wajib, itupun hanya sebagian kecil dari subjek penelitian; 3) terkait dengan pelaksanaan puasa Ramadan, sebagian besar subjek penelitian selalu melaksanakannya. Akan tetapi, adapula beberapa orang siswa yang justru pelaksanaan puasanya tidak pernah dilaksanakan selama sebulan penuh dan itu sebagian besar dilakukan oleh siswa putra; c. Terkait dengan akhlak siswa terhadap orang tua dan guru, sebagian besar siswa melakukan penghormatan kepada orang tua dan guru mereka; dan 3. faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan nilai-nilai religius berasal dari faktor guru, siswa, orang tua siswa, sarana prasarana dan lingkungan madrasah itu sendiri.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Nilai, religius, perilaku keagamaan siswa.
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Agama
Filsafat. Psikologi. Agama > Studi Islam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Feb 2018 07:43
Last Modified: 28 May 2021 06:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55246

Actions (login required)

View Item View Item