LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Muhammad Fajrul Falaq, Muhammad Fajrul Falaq (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muhammad Fajrul Falaq 14802244013_FE.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 15 September – 15 November 2017 merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PLT yang bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PLT ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PLT pada semester khusus tahun 2017 ini adalah di SMK 2 Muhammadiyah Klaten Utara. Adapun mahasiswa UNY yang melaksanakan PLT di SMK 2 Muhammadiyah Klaten Utara berjumlah 10 orang, yang terdiri dari 6 mahasiswa jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Informatika, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Pendidikan Akuntansi. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan dalam seminggu di kelas X AP-1 dan X AP-2. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Teknologi Perkantoran dengan materi ajar yaitu; Aplikasi Pengolah Kata/Microsoft Office Word, Aplikasi Pengolah Angka/Microsoft Office Excel. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah dan tanya jawab,. Media yang digunakan adalah LCD, Proyektor, Laptop. Alat yang digunakan adalah Spidol dan Papan Tulis. Secara umum, program-program PLT yang telah direncanakan berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatan-hambatan. Hambatan yang ditemui mahasiswa PLT adalah minimnya pengalaman mengajar. Ketika mengajar, mahasiswa masih berusaha untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dimana materi yang disampaikan dapat dipahami oleh siswa dan terciptanya suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa. Untuk mengatasi hambatan tersebut, mahasiswa lebih seksama memperhatikan penyusunan RPP dan selalu berkonsultasi dengan beberapa guru yang bersangkutan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara, Praktik Mengajar.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:39
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55242

Actions (login required)

View Item View Item