LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Annastasya Novalinda Putri, Annastasya Novalinda Putri (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Annastasya Novalinda Putri_14802241013_FE.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 15 September – 15 November 2017 merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PLT bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses blajar mengajar. Dengan kegiatan PLT ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang professional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PLT pada semester ganjil tahun 2017 ini adalah di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Kelompok PLT di lokasi tersebut terdiri dari 10 mahasiswa, 2 Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, 2 Program Studi Pendidikan Akuntansi, dan 6 Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Praktik mengajar dilaksanakan dari tanggal 25 September – 1 November sebanyak 12 kali pertemuan di kelas XI AP (Administrasi Perkantoran) 1 dan 2. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Administrasi Kepegawaian. Metode yang yang di gunakan dalam pembelajaran adalah ceramah dan tanya jawab. Media yang digunakan adalah MS Powerpoint, modul, laptop, whiteboard, spidol dan penghapus. Pelaksanaan PLT di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara meliputi program pembuatan administrasi guru, pembuatan RPP, pembuatan soal evaluasi, amalisa penilaian dan konsultasi pembimbing. Setelah pelaksanaan peserta PLT wajib menyusun laporan yang kemudian akan dievaluasi oleh sekolah dan DPL PLT. Secara umum, program – program PLT yang telah direncanakan berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatan – hambatan. Hambatan yang ditemui adalah siswa yang tidak mendengarkan saat diberikan materi. Untuk mengatasi hambatan tersebut, mahasiswa PLT memotivasi siswa agar siswa bersemangat dan mendengarkan saat diberikan pelajaran. Dari pelaksanaan PLT, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PLT dapat memberikan kesempatan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pengembangan kompetensi di bidang Pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan disekolah yang terkait dengan proses pembelajara, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata disekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, UNY, Praktik Mengajar Terbimbing, SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Feb 2018 03:43
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55234

Actions (login required)

View Item View Item