LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Sutriyadi, Sutriyadi (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SUTRIYADI-Pend. IPS-4416241070.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah praktik lapangan dengan bobot 3 SKS yang wajib ditempuh oleh semua mahasiswa jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). PLT ini bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu penegetahuan yang dimiliki dalam proses pembelajaran disekolah sesuai dengan bidang studi serta kemampuan yang dimiliki masing-masing. Selain sebgai tempat mempraktikan ilmu pengetahuan, PLT dapat menjadi media bagi mahasiswa guna mendapatpengalaman nyata dalam proses pembelajaran, sehingga dapat menjadi bekal bagi mahasiswa guna mengembangkan dirinya sebagai guru muda yan akan menjadi pendidik di masa yang akan datang. Kegiatan PLT dilaksanakan di SMP Negeri 3 Pakem yang beralamat di Jalan Kaliurang KM 17, Pojok, Harjobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan dimulai sejak tanggal 15 September hingga 15 November 2017. Dalam pelaksanaannya, program PLT terbagi menjadi beberapa tahapan. Tahap yang pertama adalah persiapan, berisis kegiatan : pembelajaran mikro di kampus, observasi sekolah, observasi kelas, persiapan mengajar, penyusunan RPP, penyususnan media pembelajaran dan pembekalan PLT. Tahap yang kedua adalah praktik mengajar. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyaiapkan perangkat pembelajaran yag meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Setelah rencana pembelajaran sudah siap, mahasiswa melakukan praktik mengajar baik secara mandari maupun terbimbing. Praktik mengajar mulai dilaksanakan pada tanggal 16 September sampai 13 November 2017. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS diberi kesempatan untuk mengajar di kelas VII A sampai VII D, kelas VIII A dan kelas VIII B SMP N 3 Pakem dengan alokasi waktu 2x40 menit untuk setiap pertemuan. Mahasiswa mengambil penilaian terhadap hasil belajar siswa dengan beberapa metode, yaitu ujian tulis dan ujian praktik. Di akhir pelaksanaan PLT guru pembimbing memeberikan penilaian terhadap mahasiwa yang melaksanakan PLT. Selain melaksanakan praktik mengajar, mahasiswa juga melaksanakan praktik persekolahan, yaitu kegiatan penunjang yang sejalan dengan program sekolah seperti pelaksanaan piket di sekolah, dan kegiatan pengembangan diri, serta kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk mengembangkan diri mahasiswa agar siap menjadi tenaga pendidik yang berkualitas di masa mendatang. Kegiatan PLT sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena dapat merasakan pengalaman sebagai seorang guru secara langsung berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengeolaan kelas. Mahasiswa dapat mengembangkan ilmu serta keterampilan mengajar yang dimiliki sesuai bidang keilmuan yang ditempuh. Harapan kedepan, semoga kegiatan PLT dapat terus dilaksanakan dan jalinan silaturahmi serta kerjasama antara Universitas Yogyakarta dengan SMP N 3 Pakem dapat terus terjalin, shingga membuka peluang kerjasama di bidang yang lain dan dapat memberikan manfaat bagi kedua pihak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT 2017, SMP N 3 Pakem.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 Jan 2018 00:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55191

Actions (login required)

View Item View Item