LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Vanda Nur Fitriana Devi, Vanda Nur Fitriana Devi (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU VANDA NUR FITRIANA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktek Lapangan Terbimbing merupakan Mata Kuliah praktik yang bersifat aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar mahasiswa Prodi Kependidikan UNY yang bertujuan untuk memberikan pengalaman dan kesempatan kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dalam rangka melatih dan mengembangkan potensi keguruan atau kependidikan. Praktek Lapangan Terbimbing (PLT) dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan melaksanakan praktik pembelajaran kelas, serta dapat digunakan oleh mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah. Praktik Lapangan Terbimbing diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai wahana pembentukan tenaga kependidikan profesional yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, ketrampilan dan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional. yang siap dalam memasuki dunia pendidikan. Program PLT ini dilaksanakan di SMP N 1 Pakem yang dimulai dari tanggal 15 September sampai tanggal 15 November 2017. Kegiatan PLT yang dilakukan meliputi observasi dan kegiatan mengajar maupun non mengajar. kegiatan mengajar antara lain, mengajar terbimbing mata pelajaran IPS yang dimana mengampu kelas VIII A dan VIII B, konsultasi dengan guru pembimbing IPS, menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran dan menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan ketika KBM. Sedangkan kegiatan non mengajar antara lain pendampingan tadarus, jaga piket, pendampingan Tonti, pendampingan Kirab dan pengawas ujian. Selama dua bulan pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) hasil yang diperoleh yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, pengelolaan kelas dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan di sekolah. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studinya. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk kemudian dapat menjadi guru yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMP Negeri 1 Pakem, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jan 2018 06:07
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55177

Actions (login required)

View Item View Item