RIDHO TANTHOWI, RIDHO TANTHOWI (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
LAPORAN INDIVIDU RIDHO TANTHOWI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah dari Universitas Negeri Yogyakarta. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa keterampilan dalam bidang pembelajaran dan memberi kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari dan mencoba mengatasi permasalahan yang dihadapi lembaga pendidikan serta menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki selama perkuliahan ke dalam kehidupan nyata. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah melatih mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimilikinya dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya sehingga mahasiswa dapat memiliki pengalaman yang dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensinya di masa yang akan datang dalam kaitannya sebagai tenaga pendidik. Pelaksanaan PLT dimulai tanggal 15 September samapi 15 November 2017. Pelaksanaan kegiatan di SMP Negeri 1 Pakem telah terkoordinir dengan baik antara mahasiswa, guru, sekolah serta Dosen Pembimbing Lapangan sehingga pelaksanaan praktik mengajar dapat berlangsung dengan baik dan lancar. Dalam melaksanakan PLT yaitu praktik mengajar praktikan telah melakukan praktik mengajar sebanyak 16 kali. Pelaksanaan kegiatan PLT dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PLT yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas VII C dan VII D. Secara umum kegiatan PLT berjalan dengan lancar dengan sedikit hambatan. Hasil dari pelaksanaan PLT selama kurang lebih dua bulan di SMP Negeri 1 Pakem bagi mahasiswa adalah pengalaman mengajar secara nyata serta penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam di bidang Pendidikan Bahasa Indonesia yang diperoleh di bangku perkuliahan serta pemahaman baru mengenaitugas nyata pendidik di lapangan. Di samping itu, siswa-siswa ajar dapat mendapatkan ilmu pengetahuan dengan berpedoman Kurikulum 2013 dari praktikan.
| Item Type: | Monograph (Project Report) |
|---|---|
| Subjects: | LPPMP |
| Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
| Depositing User: | LPPMP |
| Date Deposited: | 30 Jan 2018 05:09 |
| Last Modified: | 01 Oct 2019 11:31 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55175 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
