LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Raffi Abdi Artaqwa, Raffi Abdi Artaqwa (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU RAFFI ABDI ARTAQWA.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan sarana bagi mahasiswa jenjang S1 program studi kependidikan untuk mengabdikan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah. Dengan adanya program PLT, mahasiswa mempunyai kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang dipelajari di sekolah. Dengan dilaksanakannya program PLT diharapkan bermanfaat bagi semua pihak yang terkait, serta dapat menciptakan calon guru yang terampil, berpengalaman dan profesional sehingga mampu menjadikan peserta didik yang berkaitan dengan kemajuan pendidikan. Program PLT dilaksanakan mulai tanggal 15 September sampai tanggal 15 November 2017 yang berlokasi di SMP N 1 Pakem. Kegiatan PLT yang dilaksanakan meliputi : observasi, mengajar terbimbing, membuat RPP dan lembar evaluasi siswa, pengadaan poster dan slogan sekolah, pengadaan plang nama tanaman sekolah pendampingan beberapa kegiatan sekolah, konsultasi dengan DPL jurusan, konsultasi dengan guru pembimbing lapangan, piket harian sekolah dan pembuatan laporan PLT. Pada kegiatan mengajar terbimbing mengampu kelas VIII A sampai VIII D. Terlaksananya program PLT adalah hasil dari persiapan dan perencanaan dari praktik. Selain itu, keikutsertaan guru pembimbing, DPL jurusan dan siswa-siswi yang ikut menyukseskan pelaksanaan PLT. Dengan kegiatan PLT ini, mahasiswa memiliki pengalaman mengajar langsung di sekolah baik terbimbing maupun mandiri, serta memiliki gambaran mengenai dunia pendidikan di lingkungan sekolah maupun kelas mengenai pelajaran Seni Musik. Pelaksanaan program PLT di SMP Negeri 1 Pakem berjalan dengan baik dan telah memberikan ilmu dan pengalaman baru tentang pelaksanakan pembelajaran di kelas, selain itu, pelaksanaan PLT menjadikan diri mahasiswa lebih dewasa dan dapat belajar dalam memahami karakter setiap orang untuk menjalin hubungan sosial dengan orang lain.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMP Negeri 1 Pakem, Pendidikan Seni Mus
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jan 2018 05:00
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55173

Actions (login required)

View Item View Item