UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN TEKNIK OBJEK LANGSUNG PADA SISWA KELAS IIIB SD GUNUNG MULYO KABUPATEN BANTUL

Mawarsih, Witri (2012) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN TEKNIK OBJEK LANGSUNG PADA SISWA KELAS IIIB SD GUNUNG MULYO KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Witri Mawarsih.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf deskripsi melalui penerapan pendekatan kontekstual dengan teknik objek langsung pada siswa kelas IIIB SD Gunung Mulyo, Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti bekerjasama dengan guru kelas IIIA sebagai kolaborator di SD Gunung Mulyo, Kabupaten Bantul. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIIB SD Gunung Mulyo, Kabupaten Bantul yang berjumlah 18 siswa. Sedangkan, objek penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas IIIB SD Gunung Mulyo yang mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan pendekatan kontekstual dengan teknik objek langsung. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode tes dan observasi. Data yang diperoleh berupa tes hasil menulis sebagai data primer dan hasil observasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data dalam penelitian ini secara analisis kuantitatif dengan menggunakan teknik presentase dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dengan teknik objek langsung dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas IIIB SD Gunung Mulyo, Kabupaten Bantul. Hal ini terlihat pada pra tindakan hanya ada 8 siswa yang tuntas belajar atau sebesar 44,44%, pada siklus I sebanyak 11 siswa atau sebesar 61,11%, dengan demikian mengalami peningkatan sebesar 16,67%. Pada siklus II meningkat menjadi 15 siswa atau sebesar 83,33% dengan mengalami peningkatan sebesar 22,22%. Data hasil observasi juga mengalami peningkatan 20% pada setiap siklusnya, dengan hasil observasi pada pra tindakan sebesar 47,5%, siklus I sebesar 67,5%, dan sikulus II sebesar 87,5%. Kata kunci: keterampilan menulis paragraf deskripsi, pendekatan kontekstual, SD Gunung Mulyo

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Sep 2012 15:05
Last Modified: 29 Jan 2019 16:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5517

Actions (login required)

View Item View Item