LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

AHMAD ANZASWORO, AHMAD ANZASWORO (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
P.T.MESIN-AHMAD ANZASWORO-14503241038.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan istilah kependidikan yang bersifat intrakurikuler dan dilaksanakan oleh mahasiswa yang menyangkut tugas kependidikan, baik berupa persiapan administrasi mengajar, praktik mengajar dan evaluasi pembelajaran. Tujuan utama dari kegiatan PLT adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang faktual dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensinya. Kegiatan sebelum melakukan PLT terlebih dahulu dilaksanakan observasi sekolah. Observasi ini dilakukan guna mengetahui kondisi dan situasi kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, mengetahui karakter siswa dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Kegiatan PLT dilaksanakan dari tanggal 15 September dan berakhir tanggal 15 November 2017 yang bertempat di SMK SMK Muhammadiyah Prambanan. Alamat sekolah terletak di Jalan Prambanan-Piyungan KM.1, Gatak Bokoharjo, Prambanan, Sleman 55572. Kegiatan yang dilakukan selama PLT antara lain: persiapan administrasi mengajar, menyusun dan mengembangkan alat pembelajaran dan evaluasi. Adapun administrasi mengajar yang dibuat diantaranya RPP dan silabus. Mata Diklat yang diampu oleh praktikan, adalah Praktik Las Dasar SMAW dan Praktik Las Oxy Acytiline. Praktik Las Dasar SMAW dan Praktik Las Oxy Acytiline merupakan mata pelajaran praktik dengan sistem blok dimana satu kelas full praktik yaitu selama 16 hari, frekuensi tatap muka empat kali dalam satu minggu, dimana alokasi waktunya masing-masing lima jam pelajaran. Praktik Las Dasar SMAW dan Praktik Las Oxy Acytiline dijadwalkan pada hari Senin sampai Sabtu dan saya mengajar pada hari Selasa-Kamis. Praktik ini setiap minggu berganti karena munggunakan sistem blok. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT ini adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakter yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan mengajar, belajar mengatasi hambatan-hambatan yang muncul selama proses pembelajaran, dan belajar menjadi seorang guru yang profesional yang mampu menjawab tantangan dunia pendidikan di masa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Praktik Las, SMK Muhammadiyah Perambanan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jan 2018 01:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55156

Actions (login required)

View Item View Item