PENYUSUNAN LKS BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGETAHUAN SISWA SMA KELAS X IPA PADA MATERI ANIMALIA

Kholifah, Siti Nur (2017) PENYUSUNAN LKS BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGETAHUAN SISWA SMA KELAS X IPA PADA MATERI ANIMALIA. S1 thesis, Fakultas Matematika & IPA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kelayakan LKS berbasis guided inquiry pada materi Animalia dari aspek isi, kebahasaan, kegiatan pembelajaran, kegrafisan dan kebenaran konsep; (2) Efektifitas LKS terhadap peningkatan keterampilan proses sains dan (3) Efektifitas LKS terhadap peningkatan pengetahuan siswa SMA N 1 Sanden pada materi Animalia. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE dan dibatasi sampai tahap Development. Draft LKS divalidasi empirik oleh ahli materi dan ahli media kemudian dilakukan tahap implementasi terbatas dengan subyek penelitian 2 guru Biologi dan 27 siswa kelas X MIA 3 SMA N 1 Sanden. Objek penelitian ini adalah kualitas LKS. LKS dinyatakan layak jika modus hasil penilaian pada kriteria minimal “baik” atau “setuju”. Keterampilan proses sains dinilai dengan menggunakan lembar observasi, persentase hasil observasi keterampilan proses sains dianalisis secara deskriptif, sedangkan untuk penilaian pengetahuan siswa menggunakan soal pretest dan posttest dianalisis dengan gain score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) LKS dinyatakan layak dilihat dari keseluruhan aspek. Berdasarkan penilaian oleh dosen ahli materi termasuk dalam kriteria “baik” sebesar 73,61%, dan konsep termasuk dalam kriteria “benar” sebesar 91,49%, berdasarkan ahli media termasuk dalam kriteria “baik” sebesar 63,33%, berdasarkan penilaian guru Biologi termasuk dalam kriteria “baik” sebesar 63,51%. Tanggapan siswa dalam penggunaan LKS menunjukkan respon positif dengan kriteria “Setuju” sebesar 64,95%. (2) LKS efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains yakni mengalami peningkatan dari kategori “baik” sebesar 69,85% menjadi “Sangat Baik” sebesar 88,37%. (3) LKS efektif untuk meningkatkan pengetahuan siswa dengan nilai gain score yang diperoleh dari hasil perhitungan adalah 0,5 yang termasuk dalam kategori “sedang”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: guided inquiry, keterampilan proses sains, LKS, Prinsip Penggolongan Kingdom Animalia
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 06 Feb 2018 02:48
Last Modified: 30 Jan 2019 15:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55150

Actions (login required)

View Item View Item