Evi Feri, Fitriana (2018) GAYA BELAJAR SISWA KELAS X DALAM PEMBUATAN BUSANA WANITA DI SMK PIUS X MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
Evi Feri Fitriana_15513247004.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Gaya belajar tipe visual, auditorial, dan kinestetik yang diterapkan oleh siswa kelas X dalam pembuatan busana wanita di SMK PIUS X MAGELANG; (2) Manakah gaya belajar siswa kelas X yang paling dominan dalam pembuatan busana wanita di SMK PIUS X MAGELANG. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X yang mengambil mata pelajaran Busana Wanita sebanyak 22 siswa dan diambil semua sebagai sampel. Teknik pengumpuilan data dalam penelitian ini menggunakan angket (kuisioner). Pembuktian validitas instrumen menggunakan validitas isi (expert judgement) dan validitas konstruk. Sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan data reliabel dengan nilai alpha 0,881 menunjukkan tingkat reliabilitas sangat tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif yang selanjutnya dipersentase dan dikategorikan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Gaya belajar siswa kelas X tipe visual dalam pembuatan busana wanita di SMK PIUS X MAGELANG termasuk dalam kategori tinggi yang dapat ditunjukan sebanyak 8 siswa (36,4%) dari 22 siswa dengan mean ideal 49,5 dan skor rata-rata 48,3; Gaya belajar siswa kelas X tipe auditorial dalam pembuatan busana wanita di SMK PIUS X MAGELANG termasuk dalam kategori sangat rendah yang dapat ditunjukan sebanyak 17 siswa (77,8%) dari 22 siswa dengan mean ideal 51 dan skor rata-rata 39,1; Gaya belajar siswa kelas X tipe kinestetik dalam pembuatan busana wanita di SMK PIUS X MAGELANG termasuk dalam kategori tinggi yang dapat ditunjukan sebanyak 8 siswa (36,4%) dari 22 siswa dengan mean ideal 53,5 dan skor ratarata 52,5; (2). Gaya belajar siswa kelas X yang paling dominan dalam pembuatan busana wanita di SMK PIUS X MAGELANG adalah pada gaya belajar auditorial yang dapat ditunjukan sebanyak 12 siswa (54,54%) dari 22 siswa berada dalam kategori sangat rendah dengan mean ideal 53,5 dan skor rata-rata 52,5.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gaya belajar, siswa, busana wanita |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana > Pendidikan Teknik Busana |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 06 Feb 2018 02:49 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:54 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55147 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |