PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ANDROID-BASED GAME UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 BANTUL

Huda, Dewi Nafisah and Astono, Juli (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ANDROID-BASED GAME UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Matematika & IPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran menggunakan Android-based game yang layak untuk meningkatkan hasil belajar dan minat peserta didik dan (2) mengetahui besar peningkatan hasil belajar dan minat pada mata pelajaran fisika peserta didik menggunakan Android Based Game. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode penelitian Research and Development atau R&D Model menggunakan 4-D Model. Adapun tahapan penelitian ini terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan angket serta soal pretest dan posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 2 Bantul. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan CVI, CVR, dan kriteria penilaian ideal sebagai analisis validasi dan standard gain untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran Android-based game yang dikembangkan layak digunakan dengan hasil analisis validasi serta respon peserta didik sebesar 0,73. (2) peningkatan minat belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan Android-based game memiliki nilai standard gain sebesar 0,84 dengan kategori tinggi dan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif mengalami peningkatan 0,79 dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, android, hasil belajar, minat belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 06 Feb 2018 02:58
Last Modified: 30 Jan 2019 15:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55144

Actions (login required)

View Item View Item