EFEKTIVITAS MANIPULASI TOPURAK UNTUK PENYEMBUHAN NYERI DAN KETEGANGAN OTOT LEHER PASIEN KLINIK OLAHRAGA TERAPI DAN REHABILITASI FIK UNY

Yuliana, Ela (2018) EFEKTIVITAS MANIPULASI TOPURAK UNTUK PENYEMBUHAN NYERI DAN KETEGANGAN OTOT LEHER PASIEN KLINIK OLAHRAGA TERAPI DAN REHABILITASI FIK UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ELA YULIANA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Nyeri dan ketegangan otot leher merupakan keluhan muskuloskeletal umum yang sering dirasakan setiap orang (prevalensi 30%-50%). Membawa beban yang berlebihan, gerakan berulang, posisi statis yang lama, serta trauma dapat memicu terjadinya nyeri dan ketegangan otot leher. Penyembuhan nyeri dan ketegangan oto leher dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain terapi manipulasi. Topurak (Totok, Pukul, Gerak) merupakan salah satu terapi manipulasi.Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas manipulasi Topurak untuk penyembuhan nyeri dan ketegangan otot leher pasien Klinik Olahraga Terapi dan Rehabilitasi FIK UNY. Rancangan Pre-experimental dengan One Group Pretest-Posttest Design digunakan dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien Klinik Olahraga Terapi dan Rehabilitasi FIK UNY. Teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling yang dihitung dengan rumus Slovin didapatkan quota sebesar 15 orang. Data yang dikumpulkan adalah ROM, skala nyeri, dan skala fungsi baik sebelum maupun sesudah perlakukan. Paired Samples t Test digunakan untuk menganalisis data ROM dan uji Wilcoxon untuk data skala nyeri maupun skala fungsi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ROM pada gerakan fleksi, ekstensi, left lateral flexion, right lateral flexion, left rotation, dan right rotation. Didapatkan juga adanya penurunan skala nyeri serta peningkatan skala fungsi leher setelah manipulasi Topurak (p<0,05). Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa manipulasi Topurak efektif untuk penyembuhan nyeri dan ketegangan otot leher.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: 14603141011
Uncontrolled Keywords: terapi manipulasi, nyeri dan ketegangan otot leher
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jan 2018 03:57
Last Modified: 30 Jan 2019 15:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55137

Actions (login required)

View Item View Item