PENGEMBANGAN POCKET BOOK MATERI MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X

Arumy, Chlarissa early and Dwisiwi, Rahayu (2018) PENGEMBANGAN POCKET BOOK MATERI MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X. S1 thesis, Fakultas Matematika & IPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL pdf fix.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) menghasilkan produk pocket book materi momentum dan impuls yang layak untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika pada aspek kognitif ditinjau dari aspek materi, penyajian, bahasa, gambar, isi, dan penampilan, (2) mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik setelah menggunakan pocket book, (3) mengetahui peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif peserta didik setelah menggunakan pocket book. Penelitian ini menggunakan 4D model menurut Thiagarajan dengan tahapan Pendefinisian (Define), tahap Perancangan (Design), tahap Pengembangan (Develop),dan tahap Penyebaran (Disseminate). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 3 dan X MIPA 4 semester genap SMA Negeri 10 Yogyakarta tahun pelajaran 2016/2017, dengan jumlah peserta didik kelas X MIPA 3 dan X MIPA 4 berturut-turut 34 siswa dan 36 siswa. Penelitian ini menghasilkan pocket book materi momentum dan impuls. Produk pocket book yang dikembangkan diujicobakan di kelas X MIPA 4 SMA Negeri 10 Yogyakarta. Tingkat kelayakan pocket book diperoleh dari skor penilaian oleh validator ahli dan validator praktisi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket minat dan lembar pretest- postest. Angket digunakan untuk mengetahui peningkatan minat peserta didik, sedangkan lembar pretest- postest digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik. Teknik analisa data peningkatan minat belajar peserta didik dilihat dari nilai Standard Gain pada angket minat sebelum menggunakan pocket book dan angket minat setelah menggunakan pocket book, sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik dilihat dari nilai Standard Gain lembar pretest dan posttest. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) telah dihasilkan pocket book untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 10 Yogyakarta, ditinjau dari penilaian kelayakan oleh validator ahli dan validator praktisi dengan kategori baik, (2) peningkatan minat belajar peserta didik setelah menggunakan pocket book dengan kategori sedang, (3) peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik setelah menggunakan pocket book dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pocket book , hasil belajar kognitif, minat belajar, momentum dan impuls
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 06 Feb 2018 02:58
Last Modified: 30 Jan 2019 15:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55135

Actions (login required)

View Item View Item