KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP PESERTA DIDIK KELAS X SMK N 1 NANGGULAN

Amalia, Pasadea and Supahar, Supahar (2018) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP PESERTA DIDIK KELAS X SMK N 1 NANGGULAN. S1 thesis, Fakultas Matematika & IPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap peningkatan hasil belajar ranah kognitif dan sikap peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, mix method pretest posttest control group design pada peserta didik SMK N 1 Nanggulan dengan populasi seluruh peserta didik kelas X jurusan Agribisnis Pembibitan Kultur Jaringan (APKJ) terdiri atas 3 kelas dan berjumlah 95 peserta didik. Sampel penelitian adalah kelas X APKJ 1 dan kelas X APKJ 3. Kelas kontrol diberi pembelajaran model konvensional dan kelas eksperimen diberi pembelajaran model Team Games Tournament (TGT). Instrumen penelitian yang digunakan adalah dokumentasi (KI, KD, nilai, foto), RPP, tes hasil belajar kognitif dan lembar observasi penilaian sikap. Penelitian ini menggunakan analisis General Linear Model–mixed design untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional ditinjau dari peningkatan hasil belajar ranah kognitif dan sikap peserta didik, 2) model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional ditinjau dari peningkatan hasil belajar ranah kognitif, (3) model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) tidak lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional ditinjau dari peningkatan sikap peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Team Games Tournament (TGT), hasil belajar, sikap
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 06 Feb 2018 02:15
Last Modified: 30 Jan 2019 15:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55130

Actions (login required)

View Item View Item