Amalia, Pasadea and Supahar, Supahar (2018) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP PESERTA DIDIK KELAS X SMK N 1 NANGGULAN. S1 thesis, Fakultas Matematika & IPA.
|
Text
SKRIPSI FULL.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap peningkatan hasil belajar ranah kognitif dan sikap peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, mix method pretest posttest control group design pada peserta didik SMK N 1 Nanggulan dengan populasi seluruh peserta didik kelas X jurusan Agribisnis Pembibitan Kultur Jaringan (APKJ) terdiri atas 3 kelas dan berjumlah 95 peserta didik. Sampel penelitian adalah kelas X APKJ 1 dan kelas X APKJ 3. Kelas kontrol diberi pembelajaran model konvensional dan kelas eksperimen diberi pembelajaran model Team Games Tournament (TGT). Instrumen penelitian yang digunakan adalah dokumentasi (KI, KD, nilai, foto), RPP, tes hasil belajar kognitif dan lembar observasi penilaian sikap. Penelitian ini menggunakan analisis General Linear Model–mixed design untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional ditinjau dari peningkatan hasil belajar ranah kognitif dan sikap peserta didik, 2) model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional ditinjau dari peningkatan hasil belajar ranah kognitif, (3) model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) tidak lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional ditinjau dari peningkatan sikap peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Team Games Tournament (TGT), hasil belajar, sikap |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Admin Fisika FMIPA |
Date Deposited: | 06 Feb 2018 02:15 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55130 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |