PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKSES KONTROL FINGERPRINT PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM KONTROL PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK

Ferry Yuda, Purnama (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKSES KONTROL FINGERPRINT PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM KONTROL PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Ferry Yuda Purnama_13502241013.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Selama ini media pembelajaran mata pelajaran Perekayasaan Sistem Kontrol di SMK Negeri 1 Nanggulan dan SMK Negeri 2 Pengasih masih minim. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan pengembangan, menguji unjuk kerja, dan menguji tingkat kelayakan pengembangan media pembelajaran akses kontrol fingerprint pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Kontrol Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan tahapan: (1) Potensi Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk, (7) Revisi Produk, (8) Uji Coba Pemakaian, dan (9) Revisi Produk. Pengumpulan data dilakukan meliputi pengujian, pengamatan, dan kuisioner (angket). Obyek penelitian ini adalah media pembelajaran akses kontrol fingerprint pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Kontrol. Media pembelajaran ini divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, serta 62 siswa kelas XI (sebelas) Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 2 Pengasih sebagai subyek uji coba pemakaian. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa sebuah media pembelajaran akses kontrol fingerprint berbentuk trainer dengan 2 blok pengenalan dan 8 blok rangkaian percobaan yang dilengkapi dengan jobsheet. Hasil validasi isi materi pengembangan media pembelajaran Akses Kontrol Fingerprint oleh ahli materi mendapatkan prosentase sebesar 87,5% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil validasi konstruk yang dilakukan oleh ahli media mendapatkan prosentase sebesar 90,97% dengan kategori sangat layak. Kemudian hasil uji coba pemakaian oleh siswa mendapatkan prosentase sebesar 85,23% dengan kategori sangat layak. Sehingga media pembelajaran akses kontrol fingerprint dapat dikategorikan sangat layak digunakan pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Perekayasaan Sistem Kontrol, Fingerprint
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 06 Feb 2018 02:17
Last Modified: 30 Jan 2019 15:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55129

Actions (login required)

View Item View Item