ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR KOMPETENSI PEMBUATAN BELAHAN DUA LAJUR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MENJAHIT SISWA KELAS X SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTA

Ayu Fajriani, Ayu Fajriani Shidqi (2018) ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR KOMPETENSI PEMBUATAN BELAHAN DUA LAJUR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MENJAHIT SISWA KELAS X SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kesulitan belajar yang dialami siswa dalam kompetensi pembuatan belahan dua lajur pada mata pelajaran teknologi menjahit siswa kelas X di SMK Karya Rini YHI Kowani Yogyakarta ditinjau dari; a)Aspek afektif b)Aspek kognitif c)Aspek psikomotorik. (2) faktor yang paling dominan kesulitan belajar kompetensi belahan dua lajur pada mata pelajaran teknologi menjahit siswa kelas X di SMK Karya Rini YHI Kowani Yogyakarta dari; a) Aspek afektif b) Aspek kognitif c) Aspek psikomotorik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 yang bertempat di SMK Karya Rini YHI Kowani Yogyakarta . Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala guttman. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesulitan belajar yang dialami siswa adalah sebagai berikut: pada aspek afektif termasuk kategori sedang yaitu sebanyak 16 (64%) mengalami kesulitan, pada aspek kognitif termasuk pada kategori tinggi yaitu sebanyak 17 (68%) mengalami kesulitan dan aspek psikomotorik termasuk pada kategori tinggi yaitu sebanyak 17 (68%) mengalami kesulitan (2) faktor yang paling dominan kesulitan belajar pembuatan belahan dua lajur aspek afektif adalah aspek kognitif dan aspek psikomotorik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis, kesulitan belajar, belahan dua lajur
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 06 Feb 2018 02:20
Last Modified: 30 Jan 2019 15:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55128

Actions (login required)

View Item View Item