PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEMBUATAN DESAIN BUSANA PESTA KELAS XII SMK NEGERI 1 SEWON

Febri, Rahmawati (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEMBUATAN DESAIN BUSANA PESTA KELAS XII SMK NEGERI 1 SEWON. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Febri Rahmawati_13513241023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan pembelajaran menggambar busana pesta dengan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada siswa kelas XII di SMK N 1 Sewon (2) mengetahui peningkatan kompetensi pembuatan desain busana pesta dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe group investigation siswa kelas XII di SMK N 1 Sewon. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan secara kolaboratif dengan subyek penelitian siswa kelas XII busana 1 sejumlah 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2017, dengan tahapan: “Perencanaan-Tindakan-Refleksi”. Metode pengumpulan data dan penelitian dilakukan dengan lembar observasi, tes uraian, catatan lapangan, dokumentasi, serta tes unjuk kerja. Uji validasi menggunakan validitas isi dengan meminta pertimbangan kepada 3 ahli (judgement expert) yang menyatakan bahwa instrumen layak untuk digunakan dalam penelitian. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach’s sebesar 0,615 dengan interpretasi tinggi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dalam dua siklus dengan langkah kegiatan pendahuluan; mengidentifikasi topik dan mengatur murid ke dalam kelompok, dan merencanakan tugas yang akan dipelajari, kegiatan inti; dimulai dengan melaksanakan investigasi yang meliputi mengamati, menanya, eksperimen kegiatan asosiasi yang meliputi menyiapkan laporan akhir serta komunikasi yang meliputi mempresentasikan laporan akhir, Kegiatan penutup; meliputi evaluasi, merangkum pembelajaran serta tindak lanjut. Peningkatan kompetensi menggambar busana pesta dari 31 siswa pada tahap pra siklus adalah sebesar 48,3% atau 15 siswa sudah memenuhi KKM. Pada siklus 1 meningkat sebesar 70,9% atau 22 siswa telah mencapai KKM. Pada siklus 2 pencapaian kompetensi siswa meningkat sebesar 25,8% menjadi 96,7% atau 30 siswa dinyatakan kompeten dalam pelajaran menggambar busana pesta. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan pencapaian kompetensi siswa dalam pembelajaran menggambar desain busana pesta siswa kelas XII SMK Negeri 1 Sewon.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Desain Busana Pesta
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 06 Feb 2018 02:21
Last Modified: 30 Jan 2019 15:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55127

Actions (login required)

View Item View Item