PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS GASING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI DAN MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA

Mawarni, Rita Sri and Suyoso, Suyoso (2018) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS GASING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI DAN MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Fakultas Matematika & IPA.

[img]
Preview
Text
8. Laporan TAS (lengkap).pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menghasilkan Modul Fisika berbasis GASING yang layak untuk meningkatkan penguasaan materi dan minat belajar peserta didik SMA, (2) mengetahui besar peningkatan penguasaan materi peserta didik dengan menggunakan Modul Fisika berbasis GASING, dan (3) mengetahui besar peningkatan minat belajar Fisika peserta didik dengan menggunakan Modul Fisika berbasis GASING. Jenis Penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Desseminate). Tahap define untuk mengidenfikasikan masalah dalam pembelajaran melalui beberapa analisis. Tahap design untuk menghasilkan produk awal dan instrumen penelitian. Tahap develop untuk memperoleh validitas produk dan instrumen. Tahap desseminate digunakan untuk menyebarluaskan produk Modul Fisika berbasis GASING. Subjek pada penelitian ini yaitu Kelas XI IPA SMA N 1 Gamping Tahun Ajaran 2017/2018. Instrumen penelitian di antaranya: RPP, Lembar validasi, angket respon, angket minat belajar, tes penguasaan materi, dan lembar observasi keterlaksanaan RPP. Teknik analisis data terdiri dari teknik analisis validasi instrumen dan analisis hasil. Teknik analisis validitas instrumen menggunakan SBI, Koefisien Alpha Cronbach, Koefisien Reprodusitas dan Koefisien Skalabilitas, sedangkan untuk analisis hasil penelitian menggunakan Normalized gain dan IJA. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Modul Fisika berbasis GASING yang telah dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan penguasaan materi dan minat belajar fisika peserta didik SMA pada Kinematika Gerak Lurus dengan analisis Vektor Kelas XI IPA 1 SMA N 1 Gamping Tahun Ajaran 2017/2018 dengan kategori sangat baik, (2) peningkatan penguasaan materi fisika peserta didik SMA setelah menggunakan Modul Fisika Berbasis GASING berdasarkan nilai Normalized Gain adalah sebesar 0,517 dengan kategori sedang, dan (3) peningkatan minat belajar Fisika peserta didik SMA setelah menggunakan Modul Fisika berbasis GASING berdasarkan nilai Normalized Gain yaitu 0,15 dengan kategori rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul Fisika berbasis GASING, penguasaan materi dan minat belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 06 Feb 2018 02:10
Last Modified: 30 Jan 2019 15:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55114

Actions (login required)

View Item View Item