KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN FISIKA SMA TERINTEGRASI PENDIDIKAN KEBENCANAAN LETUSAN GUNUNG API DITINJAU DARI PENGUASAAN MATERI DAN KESIAPSIAGAAN BENCANA ALAM

Rahmawati, Lia and Wiyatmo, Yusman (2018) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN FISIKA SMA TERINTEGRASI PENDIDIKAN KEBENCANAAN LETUSAN GUNUNG API DITINJAU DARI PENGUASAAN MATERI DAN KESIAPSIAGAAN BENCANA ALAM. S1 thesis, Fakultas Matematika & IPA.

[img]
Preview
Text
L. Tugas Akhir Skrispsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adanya perbedaan penguasaan materi antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan letusan gunung api dan model pembelajaran fisika konvensional, (2) mengetahui adanya perbedaan kesiapsiagaan bencana alam antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan letusan gunung api dan model pembelajaran fisika konvensional, (3) mengetahui keefektifan pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan letusan gunung api dibandingkan dengan pembelajaran fisika konvensional ditinjau dari penguasaan materi, dan (4) mengetahui keefektifan pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan letusan gunung api dibandingkan dengan pembelajaran fisika konvensional ditinjau dari kesiapsiagaan bencana alam. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian control group pre-test-post-test design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Cangkringan tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 60 peserta didik yang terbagi dalam dua kelas. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh dan diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Materi fisika yang diajarkan yaitu Usaha dan Energi. Instrumen pengumpulan data yaitu angket kesiapsiagaan bencana alam, soal tes, dan lembar observasi keterlaksanaan RPP. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji GLM-Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan penguasaan materi antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan letusan gunung api dan model pembelajaran fisika konvensional, (2) ada perbedaan penguasaan materi antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan letusan gunung api dan model pembelajaran fisika konvensional, (3) pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan letusan gunung api lebih efektif daripada pembelajaran fisika konvensional ditinjau dari penguasaan materi, dan (4) pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan letusan gunung api lebih efektif daripada pembelajaran fisika konvensional ditinjau dari kesiapsiagaan bencana alam.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Integrasi pendidikan kebencanaan letusan gunung api, penguasaan materi, kesiapsiagaan bencana alam, usaha dan energi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 06 Feb 2018 02:11
Last Modified: 30 Jan 2019 15:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55113

Actions (login required)

View Item View Item