EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TEGALPANGGUNG DANUREJAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Nuryani, - (2012) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TEGALPANGGUNG DANUREJAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nuryani.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan antara hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas yang menggunakan metode inkuiri bila dibandingkan dengan kelas yang menggunakan metode konvensional. (2) mengetahui hasil belajar dengan menggunakan metode inkuiri dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IV skolah dasar Negeri Tegalpanggung Danurejan Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Tegalpanggung Danurejan Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV a dan IV b Sekolah Dasar Negeri Tegalpanggung. Pemilihan sampel dilakukan dengan Purposive Sample. Adapun desain yang digunakan adalah pre-test post-test group. Penelitian dilakukan massing-masing 5 kali perlakuan terhadap kelas kontrol dan kelas eksperimen. Untuk menguji validitas isi digunakan rumus Product moment, sedangkan reliabilitasnya di uji dengan rumus KR-20. Data yang terkumpul pada penelitian dianalisis dengan anava jalur 1 dan dilanjutkan dengan teknik analisis statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dari hasil uji-t dengan taraf signifikasi 5% menunjukkan bahwa to > tt yaitu to 4.014 > tt 2.015 atau p < 0.05 yaitu 0.000 < 0.05. Hasil yang diperoleh menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), kelas yang menggunakan metode inkuiri lebih efektif atau lebih tinggi dari pada kelas yang menggunakan metode konvensional.. (2) hasil belajar dengan menggunakan metode inkuiri lebih tinggi jika dibandingkan dengan metode konvensional, yaitu rerata yang menggunakan metode inkuiri 25.48 dan metode konvensional 23.09. Kata kunci : Metode Inkuiri, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Sep 2012 15:05
Last Modified: 29 Jan 2019 16:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5510

Actions (login required)

View Item View Item