PENGARUH LATIHAN PNF SAAT PENDINGINAN TERHADAP TINGKAT FLEKSIBILITAS OTOT TUNGKAI PADA SISWA EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT

Yulienugroho, Rosyideva (2018) PENGARUH LATIHAN PNF SAAT PENDINGINAN TERHADAP TINGKAT FLEKSIBILITAS OTOT TUNGKAI PADA SISWA EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi full.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dari observasi awal yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 1 Geneng Kabupaten Ngawi selama bulan September 2017, hampir keseluruhan siswa ekstrakurikuler pencak silat yang berjumlah 54 orang memiliki tingkat fleksibilitas yang kurang baik. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tentang pengaruh latihan Proprioceptive Neuromuscular Facilitation (PNF) saat pendinginan terhadap fleksibilitas otot tungkai. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan menggunakan rancangan “One Group Pretest-Posttest design. Latihan PNF diberikan selama satu bulan dan setiap satu minggu latihan diberikan sebanyak empat kali. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler pencak silat di SMP Negeri 1 Geneng Kabupaten Ngawi. Penelitian dilakukan pada bulan September-Oktober 2017 dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 10 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis uji t dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh analisisi uji t data fleksibilitas otot tungkai diperoleh nilai t hitung (-2,414)> t tabel (2,262), dan nilai p (0,000) < dari 0,05. Berdasarkan hasil tersebut jika nilai t hitung> t tabel, dengan demikian Ha : diterima dan Ho : ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh metode latihan PNF saat pendinginan terhadap tingkat fleksibilitas otot tungkai pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat di SMP Negeri 1 Geneng Kabupaten Ngawi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: latihan PNF, fleksibilitas, otot tungkai, peserta ekstrakurikuler pencak silat
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Jan 2018 03:09
Last Modified: 11 Mar 2019 01:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55095

Actions (login required)

View Item View Item