PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KENDALI FUZZY KECEPATAN MOTOR DC SEBAGAI MODUL ROBOTIKA

Ulina, Diniyanti (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KENDALI FUZZY KECEPATAN MOTOR DC SEBAGAI MODUL ROBOTIKA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi_11518244013_Ulfina Diniyanti.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) unjuk kerja media sistem kendali fuzzy kecepatan motor DC yang dikembangkan dalam penelitian, (2) tingkat kelayakan media berdasarkan ahli media pembelajaran dan ahli materi pembelajaran sebagai modul robotika, (3) tingkat kelayakan media berdasarkan menurut peserta didik Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika UNY. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Analyze, Design, Development, Implement, Evaluate (ADDIE) yang diperkenalkan oleh Maribe Branch.Adapun langkah yang digunakan adalah : (1) observasi kebutuhan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) pengujian dan revisi produk, (5) implementasi produk, (6) evaluasi produk. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika Universitas Negeri Yogyakarta. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk ahli media pembelajaran, ahli materi pembelajaran dan peserta didik. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas konstruk. Analisis yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sistem kendali fuzzy kecepatan motor DC dapat mengatur kecepatan motor DC sesuai dengan masukan dan membuatnya stabil meskipun diberikan beban. Ahli media menyatakan bahwa media layak digunakan dengan nilai 70,5 dari skor tertinggi 92, dan ahli materi menyatakan media layak digunakan dengan skor 65 dari skor tertinggi 76. Tingkat kelayakan produk oleh peserta didik dinilai berdasarkan beberapa aspek, yaitu : aspek komunikasi visual yang dinyatakan layak dengan persentase 88,24%, aspek rekayasa perangkat dinyatakan layak dengan persentase 82,4%, aspek kemanfaatan dinyatakan cukup layak dengan persentase 76,5%, dan aspek kualitas materi dinyatakan layak dengan persentase 94,1%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, logika fuzzy, motor DC
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 06 Feb 2018 02:08
Last Modified: 30 Jan 2019 15:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55075

Actions (login required)

View Item View Item